Wabup Sampang H. Abdullah Hidayat Membuka Acara Petik Laut 2019 – Madura Post
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
close menu

Masuk


Tutup x

Wabup Sampang H. Abdullah Hidayat Membuka Acara Petik Laut 2019

Penulis: | Editor:

Foto : Dok Beritama.id

BERITAMA.ID, SAMPANG – Masyarakat Desa Pulau Mandangin, Kecamatan Sampang menggelar kegiatan Petik Laut atau rokat tasek dalam rangka selamatan dan tasyakuran atas hasil tangkapan ikan, Sabtu (14/12/19).

Kegiatan yang dilaksanakan pada 14 – 15 Desember 2019 itu mendapat dukungan penuh dari Husky CNOOC Madura Limited (HCML). Semua biaya dalam kegiatan tersebut didanai oleh HCML.

Kegiatan petik laut dihadiri Wakil bupati (Wabup) Sampang H. Abdullah Hidayat, Sekertaris daerah (Sekda) Yuliadi Setiawan, forkopimda, Camat, Asosiasi Kepala Desa (AKD), Husky CNOOC Madura Limited (HCML), ulama, dan tokoh masyarakat.

Baca Juga :  Diduga Tidak Mematuhi Aturan, Proyek Saluran Air di Desa Sana Daya Terancam Dilaporkan

Syaiful Anam, Kepala Desa (Kades) Mandangin saat memberikan sambutannya mengatakan, jika petik laut atau rokat tasek ini tak lain adalah bagian dari kegiatan melestarikan budaya lokal.

Menurut dia, petik laut atau rokat tasek sama sekali tidak bertentangan dengan agama, karena kami bukan melarung sesajen tetapi melarung sedekah atas hasil tangkapan ikan selama ini.

Rentetan kegiatan yang dilaksanakan di petik laut meliputi resepsi dan khotmil Qur’an di sejumlah masjid setempat.

“Semoga kegiatan ini bisa memberikan hikmah bagi masyarakat nelayan di desa kami. Semoga masyarakat semakin makmur dan sejahtera,” katanya.

Baca Juga :  Kemana Program "Pamekasan Bersholawat" yang Digagas Bupati Baddrut Tamam

Lead Officer Relations HCML Ali Aliyuddin menyampaikan, petik laut warga Pulau Mandangin 2019 sepenuhnya didukung oleh HCML.

Selain petik laut pihaknya juga menjalankan sejumlah program pemberdayaan masyarakat yang diselaraskan dan disinergikan dengan program pemkab Sampang.

Aliyuddin mengibaratkan jika program pemberdayaan masyarakat yang dijalankan HCML sebagai pendorong terlaksana nya program Pemkab dalam mensejahterakan masyarakat nelayan Pulau Mandangin.

“Seluruh kegiatan ini full kami danai. Kenapa, karena ini tradisi masyarakat dan merupakan bentuk kepedulian kami terhadap warga Mandangin,” terangnya.

Baca Juga :  Dalam Peringatan HPN, Bupati Bersama Seluruh Forpimda Bangkalan Berikan Santunan Pada Anak Yatim

Wabup Sampang H. Abdullah Hidayat mengapresiasi atas kerja keras kepala desa dan para panitia dalam menyiapkan kegiatan tersebut. Sehingga acara petik laut bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada HCML yang telah membantu dan memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaan kegiatan petik laut di Desa Pulau Mandangin.

“Acara ini sepenuhnya didanai HCML. Semoga HCML terus membantu agar acara petik laut di tahun selanjutnya bisa lebih meriah dan dinikmati seluruh lapisan masyarakat Mandangin,” tukasnya.(Red-Zainal)