Sebentar Lagi Pendaftaran CPNS dan PPPK Akan Dibuka

  • Bagikan
Ilustrasi Tes CPNS,

SUMENEP, MaduraPost – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan segera dibuka pada tahun 2021 ini.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Abdul Majid mengatakan, pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK akan terlaksana pada tanggal 31 Mei hingga 21 Juni 2021 mendatang.

Tercatat, kuota yang tersedia sebanyak 2.183 orang, terdiri dari CPNS sebanyak 62 orang dan PPPK sebanyak 2.121 orang.

Teknis rekrutmen CPNS dan PPPK tahun ini tidak jauh berbeda dari sebelumnya yakni seleksi dengan menggunakan sistem Computer Asissted Test (CAT).

BACA JUGA :  Lima Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, Apa Saja ?

“Pengumuman itu baru dikeluarkan 30 Mei 2021, sehingga masyarakat yang berminat sudah bisa mempersiapkan segala persyaratannya,” terangnya, Rabu (19/5).

Sementara itu, Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengingatkan, agar masyarakat berhati-hati terhadap praktik percaloan dalam seleksi ini. Menurutnya, masyarakat harus mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi CPNS dan PPPK.

“Karena hanya dengan kemampuan dirinya yang bisa menentukan lolos seleksi sebagai aparatur pemerintah. Masyarakat yang berminat ikut seleksi CPNS dan PPPK tahun ini, hendaknya mempersiapkan diri supaya saat pelaksanaan seleksi mampu menjawab semua soal test dengan benar,” katanya.

BACA JUGA :  Anggota DPRD Sumenep Donasikan Rp 5 M untuk Penanganan Covid-19

Pihaknya meminta masyarakat tidak mudah percaya kepada orang yang mengaku jika dirinya orang dekat atau kepercayaan Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah maupun Kepala BKPSDM, yang bisa meloloskan peserta seleksi menjadi CPNS dan PPPK.

Apalagi sampai meminta pelicin berupa uang sebagai jalan untuk meluluskan peserta seleksi CPNS dan PPPK sebagai aparatur pemerintah daerah.

“Saya tekankan jangan tergiur dengan janji-janji surga orang yang bisa meluluskan seseorang sebagai CPNS dan PPPK, dengan dalih sebagai orang dekatnya kepala daerah maupun pejabat Pemerintah Kabupaten Sumenep,” tegas Bupati Fauzi.

BACA JUGA :  Wujudkan Pelayanan Digital, Dispendukcapil Surabaya Resmikan Program Kalimasada

Bupati mengungkapkan, masyarakat atau pelamar dengan kemampuan dan kapasitas diri sendiri yang mampu menentukan lulus atau tidaknya dalam pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK tahun ini.

“Jadi bukan orang lain atau calo yang menentukan nasib seseorang bisa lulus seleksi CPNS atau PPPK, tetapi bergantung kemampuan masing-masing pelamar,” tukasnya.

  • Bagikan