Scroll untuk melanjutkan membaca
Daerah

Pencak Silat Surban Putih di Sampang Terima Siswa Baru dan Uji Kenaikan Tingkat

Avatar
×

Pencak Silat Surban Putih di Sampang Terima Siswa Baru dan Uji Kenaikan Tingkat

Sebarkan artikel ini
ASAH JATI DIRI: Ketua Umum PPS SP Ahmad Juma'adi saat bersama muridnya di Wisata Camplong Sampang. (MaduraPost/Saman Syah)

SAMPANG, MaduraPost – Persatuan Pencak Silat (PPS) Surban Putih (SP) di Kabupaten Sampang, Jawa Timur, menerima siswa baru tingkat dasar dan dewasa sekaligus melakukan ujian kenaikan tingkat dari sabuk putih menuju sabuk merah.

Kegiatan tersebut bertempat di Wisata Camplong, Kecamatan Camplong, pada Minggu (28/11/2021). Hadir dalam acara Ketua Cabang Kedungdung beserta pengurus, para pelatih yang tersebar disetiap cabang dan diikuti 95 siswa yang ada di tiga cabang di wilayah Kabupaten Sampang.

advertisement
Scroll untuk melanjutkan membaca
Baca Juga :  Warga Apresiasi Proyek Pengaspalan Jalan Desa Tobai Timur, “Terimakasih Bapak Bupati”

Ketua PPS SP Cabang Kedungdung Mashudi mengatakan, mereka anggota yang bisa lolos dan menyandang sabuk putih ke kuning atau dari kuning ke merah ataupun merah lecil ke merah besar, adalah para siswa yang diminta bisa menunjukkan kebolehannya di hadapan para pelatih yang ditunjuk sebagai dewan tes dan penguji.

“PPS SP merupakan perguruan silat yang menjunjung tinggi nilai budi luhur dan menjaga persaudaraan dengan perguruan lain serta saling menghargai sesama,” kata Mashudi.

Baca Juga :  Permudah Pelayanan, RSUD Sampang Gelar Sosialisasi Program UHC

Sementara itu, Ketua Umum PPS SP Kabupaten Sampang Ahmad Juma’adi mengatakan, tujuan utama pencak silat adalah membentuk manusia berbudi luhur, menjaga kesopanan serta saling menghormati semua orang.

“Semua itu paham dengan doktrin SP yaitu janganlah kamu berjalan di atas bumi dalam keadaan sombong dan takabur,” ungkap Cak Jum sapaan akrabnya Ahmad Juma’adi.

Baca Juga :  Semarak HUT ke 76 PT Garam Gelar Donor Massal¬†

Menurutnya setelah menyandang sabuk, pihaknya berharap dilakukannya ujian kenaikan tingkat agar siswa bisa lebih terampil dalam menguasai ilmu-ilmunya.

“Untuk kenaikan sabuk putih, kuning dan merah tingkat siswa dasar dan dewasa tersebut, diikuti oleh 95 siswa, terdiri dari tiga cabang yang ada di Kabupaten Sampang diantaranya Cabang Kedungdung, Cabang Sampang dan Camplong,” bebernya.

Baca berita lainnya di Google News atau langsung ke halaman Indeks

Konten di bawah ini disajikan oleh advertnative. Redaksi Madura Post tidak terlibat dalam materi konten ini.