Minta Rokok Ilegal Segera Ditindak, FKMPP Demo Bea Cukai Madura

Avatar
Massa aksi dari FKMPP pada saat demo Beacukai Madura dan rokok ilegal merek NiCE serta ST Milik HS (diantara sejumlah rokok ilegal yang dibawa demonstran, red) (Mohammad Munir).

PAMEKASAN, MaduraPost – Sejumlah pemuda dan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Kajian Mahasiswa dan Pemuda Pamekasan (FKMPP) menggelar aksi demonstrasi di Kantor Bea dan Cukai Madura, Rabu (22/6/2022).

Aksi demo tersebut bertujuan untuk meminta pihak Bea dan Cukai Madura segera menindak rokok-rokok ilegal dan rokok legal tapi pita cukainya keliru.

Dalam aksinya demonstran diketahui membawa sejumlah barang bukti rokok ilegal dari berbagi merek yang diantaranya rokok ilegal merek NiCE dan ST milik inisial HS.

BACA JUGA :  Perbaiki Rumah, Warga Desa Dempo Barat Meninggal Kesetrum

Menurut Umar Faruq selaku Korlap Aksi sekaligus Ketua FKMPP dalam orasinya menyampaikan, bahwasanya pihak BeaCukai Madura itu hanya berani menindak orang-orang kecil (toko penjual rokok ilegal, red) tapi tidak berani menindak perusahaannya atau pemiliknya.

“Tidak perlu sebenarnya pihak BeaCukai seperti itu. Oleh karena itu, kalau Beacukai Madura tidak mau menyelesaikan persoalan ini, kami pastikan akan demo ke BeaCukai Jatim,” pungkasnya.

Umar (akrab dikenal) juga mengatakan, memang pihak BeaCukai menyelesaikan persoalan rokok-rokok ilegal tersebut maka maka pihaknya juga memastikan akan meminta pertanggungjawaban Polres Pamekasan.

BACA JUGA :  Dua Orang PDP Covid-19 Asal Bangkalan Meninggal Dunia

“Karena sesuai dengan instruksi Pemerintah Kabupaten Pamekasan, yakni Perangi Rokok Ilegal, maka Polres Pamekasan juga harus bertanggung jawab dalam persoalan ini,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, bahwasanya pihaknya telah membawa beberapa merek rokok ilegal dan telah disetor kepada Penyidik BeaCukai untuk segera ditindaklanjuti.

“Dan kami sudah memberikan deadline waktu satu minggu, dan apa bila dalam satu minggu tidak ada kejelasan dari pihak BeaCukai, maka kami akan kembali melakukan demonstrasi dengan massa yang lebih besar,” jelasnya.

BACA JUGA :  Alpart Demo Kejari Pamekasan Terkait Proses Hukum Perkara Korupsi yang Mangkrak

Sementara itu, Tio selaku Kasi Penindakan BeaCukai Madura dihadapan massa aksi menyampaikan terima kasih kepada demonstran dan mengakui kalau sejumlah rokok yang ditunjukkan atau dibawa demonstran ke hadapannya itu adalah ilegal.

“Rokok-rokok yang dibawa rekan-rekan ini memang salah, tetapi salahnya itu ada dua hal, satu salahnya karena pidana, dan yang kedua salahnya karena administrasi, yang administrasi itu salahnya salah tempel dan teman-teman itu tahu,” ucapnya.