Ribuan Bantuan Ekor Sapi dari Kementerian di Probolinggo Belum Tuntas

  • Bagikan

PROBOLINGGO, MaduraPost – Bantuan ribuan ekor sapi dari Kementerian Pertanian RI yang diberikan kepada lima desa di Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, belum tuntas disalurkan.

Hingga saat ini, sekitar ada 650 ekor sapi belum diterima kelompok penerima bantuan ternak. Sedikitnya bantuan ekor sapi tersebut berjumlah seribu ekor.

Lima desa yang dapat bantuan tersebut, di antaranya, Desa Lumbang, Desa Purut, Desa Wonogoro, Desa Sapih, dan Desa Negororejo.

BACA JUGA :  Dinas PU SDA Sumenep Sebut Program PATM Menjadi Solusi Bagi Warga dan Siap Digunakan

Masing-masing kelompok mendapatkan 200 ekor sapi, dalam kontrak pengadaan tersebut akan rampung pada Bulan Desember 2020. Namun, muncul perpanjangan waktu atau ademdum hingga Maret 2021.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Probolinggo Yahya di mengaku tidak tau berapa jumlah ternak yang sudah diterima, dan berapa jumlah ekor sapi yang belum di salurkan mepada kelompok ternak.

BACA JUGA :  Pekerja Tak Dilindungi, 12 Paket Proyek di Pantai Probolinggo Tanpa Papan Informasi

“Saya tidak tau, penyaluran ternak tersebut kewenangan Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) singosari,” katanya, Selasa (9/3/2021).

Meski demikian, pihaknya masih belum mendata dan mengecek ke lapangan berapa jumlah sapi yang diterima kelompok ternak di desa/kecamatan lumbang.

Adapun harga sapi per ekor berkisar Rp 13 juta. Sedangkan jumlah sapi yang sudah diterima seluruh kelompok sekitar sekitar 300 ekor. Secara keseluruhan proses pengadaan 1000 ekor sapi merupakan tanggung jawab BBIB Singasari.

  • Bagikan