Ke Sumenep Madura Yuk, Berwisata Kuliner Cakee

  • Bagikan
KULINER: Hidangan makanan khas Sumenep, Cakee. (Istimewa)

SUMENEP, MaduraPost – Bagi warga Sumenep, Madura, Jawa Timur, siapa yang tidak kenal Cakee. Kuliner yang satu ini telah mengantarkan Kabupaten ujung timur Pulau Madura ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) tahun 2021.

Jumat malam, 10 November 2021, Bupati Sumenep Achmad Fauzi mendapatkan 5 sertifikat WBTb tahun 2021. Penghargaan itu langsung diberikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Salah satunya adalah kuliner Cakee, disusul Kaldu Kokot, Musik Tong-Tong, Sintong, dan Topeng Dhalang.

TENTANG CAKEE

Di Sumenep, penjual Cakee sudah mulai banyak. Mulai dari restoran hingga rumah makan. Bentuk makanan ini hampir mirip dengan Capcay.

BACA JUGA :  Semarak HUT ke 76 PT Garam Gelar Donor Massal 

Tapi Cakee, adalah salah satu makanan favorit masyarakat Sumenep dan sering dijadikan hidangan di acara resepsi pernikahan.

Menikmati Cakee kuliner Sumenep yang unik ini memang harus dicoba. Karena sepintas, makanan ini memang mirip dengan Capcay, kuliner khas negeri Tiongkok.

Namun sebenarnya, jika diperhatikan lagi tidak sama persis. Ternyata, makanan khas Sumenap ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Di masa lampau, Cakee hanya dihadirkan pada saat-saat penting saja misalnya pernikahan atau acara Maulidan. Hingg saat ini budaya ini masih lestari.

Konon, hanya kalangan tertentu saja yang bisa menikmati sajian lezat ini. Namun saat ini semua orang sudah bisa merasakannya. Sampai begitu favorit dan istimewanya si Cakee ini.

BACA JUGA :  Destinasi Wisata di Sumenep Dibuka, Pengunjung Wajib Tunjukkan Kartu Vaksin

Komposisinya, Cakee terdiri dari irisan kentang yang sudah digoreng, bakwan udang, kacang polong, brokoli, seledri, irisan ayam kampung dan daging yang dipotong segi empat menyerupai dadu.

Semua bahan di atas kemudian disiram kuah santan yang gurih dan sedikit asam. Sebagian orang yang suka pedas jangan khawatir, Cakee akan ditambahkan cabai rebus yang harus digiling terlebih dahulu jika ingin mencicipinya.

Hidangan ini sangat pas apabila menyantapnya ditambahkan dengan lontong, jadi mirip lontong sayur namun dengan rasanya tetap berbeda.

BACA JUGA :  Pengelola Wisata Lon Malang Sampang Imbau Bagi Wisatawan yang Ingin Berkunjung Harus Patuhi Prokes

Rasanya gurih, nikmat, ada sedikit manis dan disisi lain ketika mencicipi potongan itu berubah jadi gurih renyah dan bikin ketagihan.

Semua kelezatan ini hanya membutuhkan kocek Rp. 17.500 saja per piring, jadi jangan sampai terlewatkan jika para pelancong ke Sumenep untuk mencicipi hidangan yang gurih ini.

Kuliner Cakee bisa ditemui salah satunya di rumah makan Kartini, Jalan Diponegoro, nomor 83, Dalem Anyar, Bangselok. Rumah makan ini buka sejak pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB.

  • Bagikan