close menu

Masuk


Tutup x

Tarik Sumbangan Rp 1,2 Juta, Wali Murid SMA 1 Bangkalan Mengeluh

Penulis: | Editor:

BANGKALAN, MaduraPost – Pendidikan di Kabupaten Bangkalan kembali bergejolak, dengan banyaknya permintaan sumbangan dana terhadap wali murid yang dilakukan oleh pihak SMAN 1 Bangkalan, Senin (13/01/2020).

Hal itu dijelaskan oleh salah satu wali murid yang tidak ingin disebutkan namanya, bahwa pengambilan sumbangan dilakukan oleh pihak sekolah tehadap seluruh siswa SMAN 1 Bangkalan.

“Kita dikondisikan untuk memberikan sumbangan melalui komite sekolah, dulu waktu kelas X kita diminta Rp 1.200.000 dicicil dan itu pun baru lunas, sekarang sudah kelas XI diminta lagi,” ujarnya saat diwawancarai.

BACA JUGA :  DLH Kabupaten Sumenep Mengucapkan, Selamat Atas Dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Sumenep

Dirinya juga menambahkan, nantinya uang itu digunakan untuk membeli komputer, parkir, gerbang, bangun WC dan cat, bukankah sekarang menurut Kemendikbud sudah menjelaskan bahwa tidak ada pungutan terhadap wali murid, berarti ini sudah ada indikasi korupsi.

“Masak sumbangan, kita ditendensi menulis pernyataan, kita paham kalau itu adalah setingan. Dan jika segala sesuatunya harus wali murid, nanti SMAN 1 bukan lagi milik negeri, tapi swasta jadinya,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Ditengah Pandemi Covid-19, Bupati Baddrut Tamam Lantik 37 Pejabat Dilingkungan Pemkab Pamekasan

Menanggapi hal itu, Maria Ulfa Kepala Sekolah SMAN 1 Bangkalan memaparkan bahwa untuk dana pihaknya tidak pernah meminta sumbangan. Itu semua murni dari Komite untuk membangun pendidikan di SMAN 1 Bangkalan.

“Untuk dana partisipasi orang tua itu kami lakukan sesuai dengan aturan yang ada, yang meminta itu bukan kami, tapi komite,” ujarnya saat dikonfirmasi via telepon seluler oleh tim MaduraPost Bangkalan.

Maria Ulfa juga memaparkan untuk kelas satu dan tiga sudah ada kesepakatan tinggal kelas dua saja yang masih belum ada kesepakatan.

BACA JUGA :  GP Ansor Duga Alihkan Isu Terorisme untuk Tutupi TPP ASN 

“Untuk kelas satu kesepakatannya beragam nominalnya, ada yang Rp 50.000,  Rp 100.000, Rp 200.000,  Rp 250.000,  Rp 500.000, dan ada Rp 1.000.000, dan untuk kelas tiga ada yang Rp 800.000 serta ada yang gratis,” paparnya.

Diketahui, jumlah siswa SMAN 1 Bangkalan 1.015 siswa, Kelas X sebanyak 340 lebih, dan untuk kelas XII 368 siswa, Sedangkan kelas XII 307 siswa. (mp/sur/rus)