POSBINDU PTM Desa Panaan Gelar Senam Lansia

Avatar
 Sejumlah lansia yang hadir terlihat sangat antusial mengikuti senan lansia

PAMEKASAN, (Madurapost.co.id) – Meningkatnya angka kematian yang disebabkan Penyakit tidak Menular (PTM) seperti mis Jantung, Stroke dll di Indonesia Rupanya menjadi catatan tersendiri bagi Pegiat dan Pemerhati Kesehatan khususnya Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) Seperti yang dilakukan Pos Pembinaan Terpadu  Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) Desa Panaan, Kecamatan Palengaan.

Posbindu PTM secara aktif melakukan kegiatan Gerakan Masyarakat untuk Hidup Sehat (Germas). Kegiatan ini dilakukan untuk menekan dan mendeteksi dini Faktor-faktor timbulnya Penyakit Tidak Menular (PTM) dengan melakukan Senam Jasmani, Penyuluhan dan Pemeriksaan, yang meliputi Indek Masa Tubuh (IMT), tekanan darah, Lingkar perut,  GDA kolesterol dll.

BACA JUGA :  Kantor KPU Pamekasan Jadi Langganan Banjir

Kegiatan yang aktif dilakukan tiap bulan ini dimotori dan diikuti oleh Pembina dan Bidan Perawat Desa Panaan Ibu Nurus Syamsiyah, SST, Dewi Puspitasari AMd Kep., Petugas Laborat Pukesmas Palengaan  Lilik Sukarsih, Para Lansia dan Masyarakat sekitar. Bertempat di halaman pendopo Balai Desa Panaan, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Selasa, 30/07/2019.

Kegiatan senam Lansia yang dimulai Pukul 09: 00 Wib sampai pukul 12:00 wib ini rupanya banyak diikuti oleh masyarakat.  Posbindu dari Puslesmas Palengaan Mahmudi AMd. Kep., bertindak sebagai instruktur senam, Gerakan sang instruktur diikuti oleh peserta senam jadi Tak jarang gelak tawapun tak dapat dielakkan oleh peserta senam. Karena bagi kaum lansia gerakan tubuh seperti ini tergolong masih kaku, Kendati demikian kegiatan ini berjalan lancar, meriah dan menyenangkan.

BACA JUGA :  Poster Massa Aksi Bikin Geleng-Geleng, ‘Pak Ingat Lagu Pertemuan di Room 2’

Pembina dan bidan perawat Desa Panaan Nurus Syamsiyah kepada media mengatakan, dengan digelarnya kegiatan tersebut diharapkan masyarakat dapat melakukan pencegahan dini Penyakit Tidak Menular (PTM) dengan cara olah raga -+30 menit setiap hari, Mengkonsumsi Sayur dan buah dan membiasakan diri dengan Pola Hidup Bersih dannSehat (PHBS)

” Kami harap masyarakat bisa melakukan pencegahan dini (PTM) dengan cara olah raga setiap hari minimal 30 menit, Mengkonsumsi buah dan sayur, cek kesehatan secara rutin, dan membiasakan diri dengan pola hidup bersih dan sehat.” Harapnya.

BACA JUGA :  Lagi…! Bupati Pamekasan Terima Penghargaan Dari BPKP, Masyarakat; Emmoh

Baidai (50) salah seorang warga yang datang sebagai peserta senam lansia mengaku senang atas diselenggarakannya kegiatan tersebut.

“Kami senang pak atas kegiatan ini, ini sangat baik untuk kesehatan tubuh apalagi instrukturnya baik, jadi kami senang sekali.” Tuturnya.(mp/abi/red)