Pengurus KORMI Sumenep Periode 2021-2025 Resmi Dilantik

  • Bagikan
Prosesi Pelantikan KORMI. (Istimewa)

SUMENEP, MaduraPost – Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, resmi dilantik.

Pelantikan KORMI berlangsung di Hotel Garuda, Sumenep, pada Sabtu, 18 Desember 2021 sekitar pukul 13.00 WIB kemarin.

Pengurus KORMI periode 2021-2025 itu dilantik langsung oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

Hadir pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Sumenep Edi Rasyadi, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep Bambang Irianto, yang diwakili Sekretaris Disparbudpora Raisul Kawim. Kemudian Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumenep, dan Ketua KORMI Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Bupati Fauzi mengatakan, dilantiknya pengurus KORMI yang baru diharapkan mampu meningkatkan minat masyarakat pada olahraga.

Bupati Fauzi menyebut, lima olahraga rekreasi dapat diminati oleh masyarakat pastinya murah, mudah, menarik, dan massal apapun di bidang olahraga rekreasi yang berada di bawah KORMI.

BACA JUGA :  Di Indonesia Link, Henky Kurniadi Serahkan Gunungan Simbol Nusantara ke KH Ma’ruf Amin

Diantaranya olahraga kesehatan dan kebugaran, olahraga tradisional, olahraga petualangan dan tantangan.

“KORMI adalah jenis olahraga rekreasi yang membutuhkan keinginan dan kesadaran, agar tubuh tetap sehat dan bugar,” kata Bupati Fauzi, Sabtu (18/12/2021) kemarin.

Sementara itu, Agus Hendriyono, Ketua terpilih KORMI periode 2021-2025 menjelaskan, berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 03 Tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional, bahwa ruang lingkup olahraga dibagi menjadi tiga.

Pertama, olahraga prestasi yang dinaungi KONI, kedua olahraga pendidikan yang di naungi lembaga pendidikan, dan ketiga olahraga rekreasi yang di naungi KORMI.

Tiga poin ini sebagai mitra pemerintah dalam rangka memfasilitasi dan mediasi serta memotivasi dunia olahraga rekreasi pada pencapaian prestasi maksimal.

KORMI Kabupaten Sumenep sebagai organisasi mitra pemerintah merupakan satu-satunya badan yang bertanggung jawab terhadap olahraga rekreasi masyarakat (mengelola, membina, mengembangkan, dan mengkoordinasikan setiap dan seluruh pelaksanaan olahraga rekreasi masyarakat di setiap anggota di wilayah Kabupaten Sumenep).

BACA JUGA :  Pemerintah Desa Tobai Barat Sampang Salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa

Oleh karena itu, KORMI mempunyai tugas dan peran yang besar dalam membantu Pemerintah Daerah dalam menentukan arah kebijakan terkait pengelolaan, pengembangan dan pembinaan serta pengembangan olahraga rekreasi masyarakat di Kabupaten Sumenep.

Tujuan dibentuknya organisasi KORMI Kabupaten Sumenep, diantaranya menjalankan program kerja organisasi, mendukung program kerja induk organisasi cabang olahraga anggota KORMI Kabupaten Sumenep dalam mengembangkan olahraga rekreasi.

Mewadahi dan membina masyarakat dalam kegiatan olahraga rekreasi, sehingga olahraga dijadikan sebagai budaya dan gaya hidup demi terciptanya masyarakat yang produktif.

Melakukan pembinaan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia dalam rangka pengelolaan olahraga rekreasi masyarakat.

Membantu program Pemerintah Kabupaten Sumenep dalam meningkatkan indeks kebahagian melalui kegiatan olahraga rekreasi masyarakat Kota.

Ada enam komunitas atau paguyuban olahraga tradisional yang sudah tergabung dengan KORMI Kabupaten Sumenep, yaitu Komunitas sepeda tua Indonesia (KOSTI), Perkumpulan Kasti tradisional, Komunitas Ojung, Komunitas layang-layang, Paguyuban Ball Budih dan Perguruan silat nasional Perisai Putih.

BACA JUGA :  DPC-PKB Sumenep Intruksikan Anggota DPRD FKPB di Reses Tahap 3 Undang Fattah Jasin Sebagai Narasumber

“Dengan dilantiknya pengurus KORMI Kabupaten Sumenep, diharapkan menjadi momentum untuk pembinaan dan pengembangan olahraga rekreasi tradisional daerah,” ujar pria yang saat ini juga menjabat sebagai Kepal Seksi (Kasi) Pemuda dan Olahraga (Pora) Disparbudpora Sumenep itu.

Pihaknya berharap, ke depan mampu mengangkat prestasi olahraga rekreasi tradisional ke jenjang yang lebih tinggi. Tentunya, semangat ini harus didukung oleh semua pihak termasuk dukungan penyediaan anggaran.

Sementara itu, Sekretaris Disparbudpora Sumenep, Akh Raysul Kawim mengatakan, ke depan harus ada pemandu yang mempunyai pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan jenis olahraga.

“Ini bertujuan untuk menentukan olahraga rekreasi di Sumenep semakin ada hasilnya,” ucapnya, saat dikonfirmasi Madurapost melalui sambungan selularnya, Minggu (19/12).

  • Bagikan