Komunitas Desa RCG Bangun Kekompakan Masyarakat

  • Bagikan
Anggota Komunitas RCG Saat Foto Bersama (Foto : Istimewa)

SAMPANG, MaduraPost – Salah satu cara memajukan sebuah wilayah pedesaan dibutuhkan rasa persatuan dan kekompakan masyarakat, hal inilah yang terus dilakukan sebuah komunitas Desa Republik Caggunong (RCG) di Kabupaten Sampang, Kecamatan Sreseh. Minggu (10/10/2021).

RCG sendiri diambil dari Nama sebuah dusun yang berada di Desa Labuhan di Kecamatan Sreseh.

“Keberadaan RCG mendorong masyarakat untuk memiliki rasa solidaritas serta memberikan semangat serta memberikan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) untuk memajukan desa secara tulus tidak sekedar melihat materinya,” ungkap Achmad Efendi, salah satu Anggota RCG.

BACA JUGA :  H Sahid Tokoh Yang Terkenal Sangat Berpengaruh di Kota Sampang Wafat

Inisiasi terbentuknya Komunitas RCG yang tergabung oleh anak – anak muda dan sesepuh desa tersebut bermula dari kecintaan dan rasa bangga terhadap tempat tinggal atau dusun mereka bernama Caggunong. Untuk diketahui Caggunong merupakan bahasa Madura yang Artinya Puncak Gunung.

Ketua Komunitas RCG, Nurip mengatakan RCG mendorong setiap anggotanya untuk memiliki jiwa sosial antara sesama masyarakat tanpa memandang golongan.

BACA JUGA :  Himbauan MUI Bangkalan dalam Menyambut Tahun Baru 1 Muharram 1443 H

“RCG bukan hanya sekedar komunitas, melainkan bentuk kebersamaan kekeluargaan inilah yang menjadi ciri khas masyarakat madura yang harus dipertahankan,” ujar Nurip.

Lebih menarik lagi, Nurip menjelaskan mayoritas pemuda yang tergabung di RCG menjadi perhatian khusus komunitas ini, sebagai ujung tombak serta contoh bagi penduduk didaerah mereka untuk memiliki semangat gotong royong dan solidaritas bagi penduduk di desa.

BACA JUGA :  BREAKING NEWS: Warga Digegerkan Dengan Penemuan Mayat di Birat Barat Ketapang

Bahkan, sebuah bengkel kecil milik Nurip dijadikan tempat bagi para pemuda menghabiskan waktu untuk meningkatkan potensi dan kemampuannya untuk berkarya.

“tidak hanya sekedar kumpul – kumpul, nongkrong tapi tetap produktif itu lebih asik” tutup Nurip.

Tepat tanggal 10 Oktober 2021 Komunitas RCG Baru – baru ini telah melaksanakan ulang tahunnya yang Ke 6 tahun sekaligus syukuran dusun dengan tema “Duduk Sama Rata, Berdiri Sama tinggi”.

  • Bagikan