SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Daerah

Kelompok Usaha Budi Daya Ikan di Sampang Dapat Dana Hibah Rp 1,9 Miliar

Avatar
×

Kelompok Usaha Budi Daya Ikan di Sampang Dapat Dana Hibah Rp 1,9 Miliar

Sebarkan artikel ini

Warga menamburkan pakan ke tambak budi daya ikan di Jalan Diponegoro, Kota Sampan

SAMPANG, MaduraPost – Kelompok usaha budi daya ikan di Kabupaten Sampang, tahun ini akan menerima bantuan dana hibah dengan nilai total Rp1,9 miliar dari Dinas Perikanan setempat.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

“Masing-masing kelompok akan menerima bantuan antara Rp 35 – 50 juta,” kata Kabid Budi daya Perikanan Dinas Perikanan Sampang, Mohammad Mahfud, Minggu (1/3/2020).

Baca Juga :  Bentuk Kepengurusan Baru, KAHMI Pasean Pamekasan Siap Wadahi Alumni HMI saat Pulang Kampung

Menurut Mahfud, bantuan yang ada di berikan kepada kelompok berupa kolam bundar, bibit lele, dan pakan ikan dengan total jumlah kelompok yang akan menerima bantuan sebanyak 33 kelompok yang tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Sampang.

Ia menjelaskan, bantuan program tersebut hasil usulan Musyawarah rencaba pembangunan (Musrenbang). Namun semua proposal yang diajukan terlebih dahulu dilakukan verifikasi, mulai dari pembentukan kelompok, motivasi, dan kesiapan dalam mengelola serta mengembang usaha budi daya ikan.

Baca Juga :  DPRD Jatim Sebut Anggaran Hibah Rp 2,9 Triliun Belum Dipertanggungjawabkan

Syarat yang paling mendasar bantuan hibah ialah harus terbentuk kelompok usaha, bukan perorangan. “Bantuan diberikan kepada kelompok bukan untuk perorangan,” terangnya.

Selain memberikan bantuan dana, Pemkab Sampang juga memberikan bantuan berupa bimbingan teknik budi daya ikan dan pelaporan dari penyuluh perikanan Pemkab Sampang.

“Di Sampang ada 21 penyuluh perikanan yang selama ini aktif memberikan penyuluhan kepada kelompok usaha budi daya ikan yang ada,” ucapnya.

Baca Juga :  Proyek TPJ di Desa Larangan Luar Terindikasi Tidak Sesuai RAB

Lebih jauh Mahfud menjelaskan, bantuan tersebut sebagai upaya pemkab untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di bidang budi daya ikan.

“Kami harap masyarakat dapat memanfaatkan bantuan yang diberikan dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (mp/zen/rus)

Baca berita lainya di Google News atau gabung grup WhatsApp sekarang juga!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertnative. Redaksi Madura Post tidak terlibat dalam materi konten ini.