Hibah Kelompok Usaha Budi Daya Ikan Sampang Capai Rp 1,9 Miliar

  • Bagikan

SAMPANG, Madura Post – Kelompok usaha budi daya ikan di Kabupaten Sampang, tahun ini akan menerima bantuan dana hibah dengan nilai total Rp1,9 miliar dari Dinas Perikanan setempat.

“Masing-masing kelompok akan menerima bantuan antara Rp 35 – 50 juta,” kata Kabid Budi daya Perikanan Dinas Perikanan Sampang, Mohammad Mahfud, Minggu (1/3/2020).

Menurut Mahfud, bantuan yang ada di berikan kepada kelompok berupa kolam bundar, bibit lele, dan pakan ikan dengan total jumlah kelompok yang akan menerima bantuan sebanyak 33 kelompok yang tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Sampang.

BACA JUGA :  Desa Palengaan Laok Juara Lomba Desa Tematik

Ia menjelaskan, bantuan program tersebut hasil usulan Musyawarah rencaba pembangunan (Musrenbang). Namun semua proposal yang diajukan terlebih dahulu dilakukan verifikasi, mulai dari pembentukan kelompok, motivasi, dan kesiapan dalam mengelola serta mengembang usaha budi daya ikan.

Syarat yang paling mendasar bantuan hibah ialah harus terbentuk kelompok usaha, bukan perorangan. “Bantuan diberikan kepada kelompok bukan untuk perorangan,” terangnya.

BACA JUGA :  Rutin Bayar PBB ! Desa Potensi Terima Besar, Begini Penjelasan BPPKAD Sumenep

Selain memberikan bantuan dana, Pemkab Sampang juga memberikan bantuan berupa bimbingan teknik budi daya ikan dan pelaporan dari penyuluh perikanan Pemkab Sampang.

“Di Sampang ada 21 penyuluh perikanan yang selama ini aktif memberikan penyuluhan kepada kelompok usaha budi daya ikan yang ada,” ucapnya.

Lebih jauh Mahfud menjelaskan, bantuan tersebut sebagai upaya pemkab untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di bidang budi daya ikan.

BACA JUGA :  Berkah Ramadhan, Forum Komunikasi Mahasiswa Proppo Berbagi Ta'jil

“Kami harap masyarakat dapat memanfaatkan bantuan yang diberikan dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (mp/zen/rus)

  • Bagikan