Kelompok Mahasiswa IAIN Madura Olah Daun Kelor Jadi Kerupuk

Avatar
Kerupuk yang dibuat dari daun kelor hasil buatan mahasiswa IAIN Madura. 

SUMENEP, Madurapost.co.id – Daun kelor berhasil dimanfaatkan Oleh KPM Posko 124 di IAIN Madura untuk di Jadikan Kerupuk, Desa Aeng Dake Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep, Selasa (30/07/2019).

Pasti semua sudah pernah mendengar peribahasa ‘Dunia Tak selebar Daun Kelor’. Hal itu dikarenakan Daun kelor ukuranya sangat kecil dan sebagian ilmuwan menyebutkan daun tersebut adalah ajaib.

Daun kelor yang identik dengan daun herbal tersebut dimamfaatkan oleh Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) POSKO 2019 124 IAIN Madura, bertempat di Pondok Pesantren AL-HIKMAH Desa Aeng Dake Bluto Sumenep.

BACA JUGA :  Jelang Sidang MK, Presiden Bertolak ke Bali untuk Kunjungan Kerja

Melibatkan santri dan beberapa masyakarat di kemas dengan nama KDRT (Kerupuk Daun Kelor Tumbuhan Herbal).

Faris Akbar Maulana selaku kordinator desa KPM menuturkan bahwasanya kegiatan produk tersebut dikemas dengan 2 Varian

“Sebenarnya ini sebuah prodak experimen kami selaku para Mahasiswa IAIN Madura, mencoba hal baru yang bermanfaat untuk orang lain dan untuk diri kami. Untuk sementara kami mengemas dengan 2 Varian dengan yang kecil. Rp 2500 dan yang lebih besar  Rp 5000. Untuk pemesan alhamdulilah berbagi dari daerah sampai luar pulau,” kata Faris

BACA JUGA :  Pelayanan 24 Jam, Pemerintah Desa Rekkerrek Pastikan Warganya Aman Dari Virus Corona

Dia berharap ketika teman-teman KPM Sudah selesai tugas  Pihak lembaga ataupun masyarkat melanjutkan prodak tersebut

“Kami sangat berharap ketika teman-teman, KPM POSKO 124, sudah selesai pengabdian di lembaga PP Al-HIKMAH, pihak lembaga ataupun masyarkat yang telah kami beri bekal mampu melanjutkan prodak KDRT ini,” tuturnya

Moh Hasan,salah satu Mahasiswa yang tergabung dalam KPM POSKO 124 mengatakan

BACA JUGA :  Ditemukan Perahu Tanpa Awak di Perairan Arosbaya, Dua Orang Belum ditemukan

“krupuk dengan bahan dasar daun kelor yang kami berinama KDRT merupakan hasil kerjasama antara mahasiswa dengan pihak lembaga PP Al-HIKMAH

Roviandri selaku Dosen pembimbing lapangan (DPL) mengungkapkan bahwa sangat mengapreasi dan antusias sekali terhadap inovasi produk yang dibuat oleh anggota KPM posko 124 yakni KDRT (Krupuk Daun Kelor Tumhe).

” Dengan inovasi yang dibuat oleh posko 124, saya rasa ini bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat desa Aeng Dake yang bermitra dengan PP AL- HIKMAH ” tutup.(mp/fat/red)