Habiskan APBD Rp 813 Juta Lebih, Pengadaan Sarung di Pamekasan Sarat Korupsi

Avatar
Kantor Bupati Pamekasan dan sarung merek ATLAS dari pengadaan yang diberi gambar Bupati Baddrut Tamam

PAMEKASAN, MaduraPost – Habiskan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2022 sangat fantastis, pengadaan sarung yang direalisasikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pamekasan menuai polemik ditengah-tengah masyarakat.

Pasalnya selain diduga sarat korupsi, pengadaan barang yang jumlah pagu anggarannya sebesar Rp 813.750.000.00,- yang dilaksanakan oleh CV. Persada Utama dengan harga terkoreksi sebesar Rp 789.030.000.00,- tersebut tidak realistis dalam realisasinya.

Bahkan menurut Syauqi selaku Ketua Aliansi Pemuda Peduli Rakyat (ALPART), pengadaan yang direalisasikan melalui pihak Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pamekasan bagian Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) tersebut juga tidak jelas motif dan manfaatnya bagi masyarakat.

BACA JUGA :  Audiensi Lasbandra dengan Komisi I DPRD Sampang Tegang, Kasus Penyimpangan BLT DD Belum Usai

“Selain itu target dari program tersebut juga tidak jelas, jika itu dikatakan sebagai bagian dari pelayanan masyarakat, pertanyaan saya, masyarakat yang mana yang mendapatkannya (sarung, red) dan yang menjadi perioritas…?,” katanya, Sabtu (7/5/2022).

Syauqi juga menyatakan dirinya belum yakin kalau pihak Kesra berani untuk buka-bukaan mengenai target atau daftar penerima dari program tersebut. Belum lagi, kata dia, berbicara persoalan harga dan kualitas sarungnya.

BACA JUGA :  Kapus Pasongsongan Enggan Komentar Dugaan Pemotongan Dana Kapitasi

“Intinya saya atas nama masyarakat Pamekasan sangat menyayangkan atas diselenggarakannya program seperti itu, Itu terkesan dipaksakan dan penuh kepentingan, dan tidak menutup kemungkinan hanya untuk dijadikan lahan korupsi saja,” ujarnya.

Sementara itu, Abrori Rais selaku Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kabag Kesra) Pamekasan sekaligus Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dari pengadaan sarung itu seolah enggan memberikan penjelasan mengenai hal tersebut.

“Nanti aja … Ketemu aja. Sy msh diperjalanan …,” katanya melalui hubungan via WhatsAppnya, Minggu (8/5/2022).

BACA JUGA :  Potret (Buruk) Kepemimpinan Bupati Pamekasan

Diketahui, berdasarkan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) yang dibuat oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), jumlah sarung pada pengadaan barang tersebut sebanyak 5725 buah sarung, dengan perincian: 245 buah sarung merek BHS Excellent, 130 BHS Classic, 350 BHS Cosmo dan 5000 sarung merek ATLAS.

Sementara harga satuannya (sarung, red) berdasarkan HPS tersebut, BHS Excellent diberikan harga Rp 638.000.00,-/buah sarung, BHS Classic Rp 429.000.00,-/buah sarung, BHS Cosmo Rp 310.000.00,-/buah sarung dan ATLAS Rp 72.000.00,-/buah sarung.