Covid 19 Bikin Panik, Dinkes Sumenep Tangkal Dengan Cara Ini

  • Bagikan

SUMENEP, MaduraPost – Tak lagi menjadi isu belaka, virus corona yang merambah ke Indonesia beberapa pekan lalu, kini semakin bertambah penderitanya. Tak hanya suspect Corona, masyarakat yang positif terjangkit visit corona di ibu kota Jakarta semakin bertambah.

Dari informasi terakhir, penderita virus corona di Indonesia bertambah sebanyak 27 orang. Dari kepanikan itulah, beberapa kawasan dan daerah, utamanya di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, di imbau agar tak perlu panik.

Hal itu disampaikan, Agus Mulyono, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sumenep, pihaknya mengimbau agar masyarakat jangan takut dan tidak usah panik akan beredarnya informasi wabah virus corona tersebut.

BACA JUGA :  LSM Sebut Mayoritas Kegiatan Posyandu di Kecamatan Waru Janggal

“Saya berharap masyarakat tidak usah resah dan panik akan beredarnya kabar wabah virus corona, karena untuk meningkatkan kewaspadaan kita sudah siapkan dua alternatif solusi,” ungkap dia, Rabu (11/03/2020)

Dijelaskan Agus, dua alternatif tersebut yakni kesiapsiagaan dan program kewaspadaan, diantaranya sarana informasi dan Protap dan SOP (Standar Operasional Prosedur) dalam mencegah wabah virus corona menjalar.

“Jadi kami menyediakan tempat konsultasi terkait informasi virus corona ini, kalau di Desa ada Polindes dan Pustu (Puskesmas Pembantu), kalau tingkat Kecamatan ada di Puskesmas. Selain itu kami membentuk tim keswaspadaan penanganan dan pencegahan virus corona yang diberi nama tim covid 19,” urai dia.

BACA JUGA :  Saum Kecam Madura Post, Pimred: Tuntut Saja yang Ngedit Fotonya

Menurut Agus, jika diperlukan di Rumah Sakit yang ada sudah di sediakan ruang isolasi khusus.

“Hal ini kami lakukan agar masyarakat Sumenep tidak panik,” katanya.

Meski begitu, pihaknya tetap berharap jika masyarakat tidak usah resah dalam menghadapi adanya virus yang timbul awal mula di negeri China itu.

“Semoga masyarakat tidak takut karena semuanya panyakit datangnya dari yang maha kuasa, dan semua penyakit harus diwaspadai bukan cuma virus corona yang baru muncul ini,” imbauannya.

BACA JUGA :  Akibat Pegawai Positif Corona, Bappeda Bangkalan Ditutup Selama Dua Minggu

Selain itu, saling menjaga dan memberikan informasi yang benar pada masyarakat, dikatakan Agus, agar semuanya tidak resah dan panik.

“Akan tetapi untuk mencegah segala macam penyakit harus tetap menjaga perilaku hidup bersih dan sehat,” paparnya.

Bahkan, pola makan yang sehat dan bergizi serta istirahat yang cukup, disinyalir akan terhindar dari virus apapun, utamanya covid 19.

“Intinya hidup kita harus sehat agar tubuh kita kebal dari berbagai macam serangan penyakit dan virus, seperti virus corona ini,” tuangnya. (mp/al/din)

  • Bagikan