Cari Bibit Unggul, KKM Palengaan Pamekasan Gelar Kompetisi Sains Madrasah

Avatar
Cari Bibit Unggul, KKM Palengaan Pamekasan Gelar Kompetisi Sains Madrasah.

PAMEKASAN, Madurapost.co.id Untuk meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah, KKM Kecamatan Palengaan dibawah naungan Kemenag Kabupaten Pamekasan Provinsi Jawa Timur, menggelar Kompetinsi Sains Madrasah (KSM).

Diharapkan, KSM tersebut dapat menumbuhkembangkan budaya minat belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik peserta didik.

Tentunya, dengan kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.

BACA JUGA :  Merasa di Intimidasi oleh Debt Collector, Lora Asal Bangkalan Lapor Polisi

Moh. Nor Kholis, Ketua penyelenggara Kompetensi Sains Madrasah (KSM) mengatakan, ada sekitar 56 Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Palengaan yang berpartisipasi dalam ajang kompetensi yang digelarnya.

“Kepala sekolah sangat antusias sekali, Semua ada 56 Madrasah Ibtidaiyah yang berpartisi dalam KSM ini,” katanya. Sabtu, (29/06/19).

Dirinya menambahkan, dalam ajang Kompetensi Sains Madrasah, ada dua cabang mapel yang dilombakan, dan akan diambil 3 nilai tertinggi untuk dibimbing melaju ke kabupaten.

BACA JUGA :  Nikat Buka Ditengah Wabah Corona,Tempat Karoake di Sampang Terpaksa Ditutup Paksa

“Ada 2 cabang mapel. Pertama, Mapel Matematika. Kedua mapel IPA, yang kesemuanya berintegrasi dengan agama. Sehingga dari masing-masing mapel diambil 3 nilai tertinggi yang akan mendapat bimbingan untuk di delegasikan ke kabupaten,”imbuhnya.

Masih menurut Moh Nor Kholis, dirinya berharap dalam ajang KSM ini untuk merealisasikan pendidikan yang berorientasi pada peningkatan kemampuan berfikir logis kritis, sistematis dan kreatif.

“Diharapkan peserta didik termotivasi, mencintai dan bergairah mempelajari ilmu pengetahuan dan tekhnology, sehingga nantinya mampu memecahkan masalah yang dihadapi, dan dapat bersaing diajang yang lebih tinggi,”pungkasnya.

BACA JUGA :  Komisi D Sidak Tiga sekolah SMP di Bangkalan terkait DAK.

Sementara itu, Ustadz Sugito, salah seorang pendamping peserta KSM mengatakan, acara kompetisi seperti ini sangatlah penting untuk menambah dan mengasah pengetahuan anak-anak agar bisa menjadi lebih serius lagi dalam belajar.

“Kompetesi Sains Madrasah ini sangat penting bagi wawasan peserta didik sejak dini untuk lebih meningkatkan keseriusan dalam belajar,”ucapnya. (mp/saf/zul).