SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
DaerahHeadlineKesehatan

Cara Kades Tlambah Perangi Covid-19 Dapat Apresiasi Dari Semua Kalangan

Avatar
×

Cara Kades Tlambah Perangi Covid-19 Dapat Apresiasi Dari Semua Kalangan

Sebarkan artikel ini

SAMPANG, MaduraPost –  Pemerintah Desa Tlambah, Kecamatan Karang Penang, Kabupaten Sampang bersama Satgas kembali melakukan penyemprotan disinfektan dan penditeksian suhu tubuh.

Sebelumnya, pada hari senin tanggal, 30-03-2020 Pemerintah Desa Tlambah, berdasarkan SE Bupati Sampang, telah membentuk satgas desa dan posko yang diletakkan di pendopo balai desa setempat.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Hal ini dilakukan dalam upaya mencegah dan memutus mata rantai Corona Virus Desease 19, (Covid-19).

Aksi sosial Penyemprotan disinfektan oleh Kepala Desa Tlambah Cholil, merupakan gelombang ke delapan di Dusun Trebung baik yang bermukim maupun yang pulang dari perantauan.

Berdasarkan data yang dihimpun media ini jumlah yang pulang kampung dari luar daerah sebanyak 200 orang. Dan dari luar negeri terhitung sebanyak 50 orang. Adapun warga yang pulang dari perantauan dinyatakan sehat.

Terpantau dilokasi, ada dua cairan disinfektan yang disediakan, ada untuk benda mati dan untuk benda hidup.

Racikan disinfektan untuk benda mati menggunakan, pembersih lantai dicampur dengan pemutih. Digunakan untuk fasilitas umum, masjid, Musholla dan lapangan futsal.

Sedangkan untuk benda hidup menggunakan campuran, anti septik dan detol. Digunakan penyemprotan terhadap warga.

Baca Juga :  IM3 Gelar Konser Collabonation Tour di Pamekasan, Intip Keseruannya

Cholil menuturkan, bahwa pihaknya bersama Tim Satgas Covid-19 Pustu Tlambah melakukan penyemprotan dan diteksi suhu tubuh guna pencegahan penularan virus corona atau covid-19.

“Kita bersama perangkat desa melakukan penyemprotan cairan desinfektan ke delapan kalinya di tempat umum dan tempat ibadah, serta kepada warga,” Ucapnya di Posko Covid-19 Balai Desa Tlambah. Senin (13/04/2020).

Dikatakan Cholil, ini merupakan langkah serius dari pihak desa setempat dalam memerangi wabah yang sangat meresahkan masyarakat Indonesia saat ini.

Menurutnya, semua itu untuk kepentingan orang banyak sehingga tidak bermaksud untuk mendiskriminasi atau menyudutkan para tamu yang datang atau warganya yang pulang ke desa.

“Sebelumnya kita berikan penjelasan kepada mereka sebelum disterilisasi. Kita jelaskan juga bahwa anak-anak juga diimbau untuk sementara tidak keluar dari desa. Saya selaku pimpinan disini, meminta maaf atas ketidak nyamanan ini,”ucapnya.

Cholil mengimbau, warga yang ingin pulang kampung untuk sementara waktu, di tunda dulu. Namun, jika keadaan teroaksa harus memberitahu terlebih dulu kepada Kepala Dusun, Kepala Desa atau pihak Pustu Tlambah.

Baca Juga :  Kades Blu’uran, H.Faruq Cairkan BLT-DD Kepada Warga Miskin Terdampak Covid-19

“Sementara waktu ditahan dulu. Jika terpakasa, secepat mungkin sebelum sampai dirumah untuk memberitahu kami. Supaya Pemdes Tlambah sesegera mungkin dapat menyiapkan peralatan untuk penyemprotan cairan disinfektan,” Imbau Cholil.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Tlambah, Achmad vicky faisal menjelaskan, Desa Tlambah sudah membentuk Satgas Desa dan Posko. Dirinya mengimbau, agar menghindari tempat keramaian dan selalu jaga jarak.

“Pembentukan Satgas dan Posko itu pada hari senin, 30 Maret 2020, dan pada esoknya kami melakukan penyemprotan disinfektan dan penditeksian suhu tubuh. Untuk sementara waktu, hindari keramaian dan selalu jaga jarak,”

Sementara itu, Pj Pustu Tlambah, Muhammad Saleh mengatakan, dalam rangka antisipasi untuk memastikan bahwa mereka terbebas dari virus corona atau Covid-19. Setiap pendatang baru atau warga yang datang dari luar daerah terus dipantau.

“Alhamdulillah, mereka mematuhi imbauan pemerintah. Warga Tlambah yang datang dari luar daerah terus dipantau agar tidak terpapar Covid-19. Terutama setelah melakukan perjalanan dari daerah zona merah,”Jelas Pak Saleh sapaan akrabnya.

Selaku petugas Pustu kesehatan Tlambah, kata Muhammad Saleh melanjutkan, marilah sama-sama membantu penanganan, agar Covid-19 tidak menyebar ke area Sampang, khususnya ke Desa Tlambah.

Baca Juga :  Keluarga Besar Kepala Desa Anggersek Camplong Mengucapkan, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H

“Kami juga berterima kasih kepada semua pihak yang membantu di dalam penanganan antisipasi penyebaran virus corona ini, dan ayo tetap pertahankan kita tetap dalam zona hijau,”Ucapnya, terpantau dilokasi semangat sekali memberikan edukasi.

Aksi yang dilakukan oleh Kades Tlambah mendapat apresiasi dari Tokoh Masyarakat setempat, Ustadz Muhammad Nasiruddin Syaifur Rijal. Menurutnya, Kades setempat sangat aktif memerangi Covid-19 ini. Bukan hanya dari dzohirnya saja dari segi batinpun juga demikian.

“Alhamdulillah, Kades Cholil ini sangat aktif, sekuat tenaga berusaha memutus mata rantai Covid-19. Diantaranya, penyemprotan disinfektan, pendataan, pemeriksaan. Bahkan, dari segi batin, seperti pembacaan sholawat burdah dan berdoa bersama dilaksanakan,”ungkap Ustadz Nasir puas sekali.

Tidak hanya ini saja, Kata Ustadz Nasir menimpali, dalam kegiatan-kegiatan lainnya juga, kedepan semakin ditingkatkan.

“Saya imbau kepada Pemdes Tlambah, terus selalu tetap berkoordinasi dengan tokoh agama, masyarakat dan pemuda, tentunya bukan dalam penanganan Covid-19 saja,” Pungkas Ustadz Muhammad Nasiruddin Syaifur Rijal. (Mp/ron/lam)

Baca berita lainya di Google News atau gabung grup WhatsApp sekarang juga!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertnative. Redaksi Madura Post tidak terlibat dalam materi konten ini.