SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
DaerahHeadline

Aneh ! Dua Desa di Sumenep Belum Cairkan DD Tahap 3 Tahun 2019

Avatar
×

Aneh ! Dua Desa di Sumenep Belum Cairkan DD Tahap 3 Tahun 2019

Sebarkan artikel ini

SUMENEP, MaduraPost – Menuju pertengahan tahun 2020, dua desa di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, belum juga mencairkan Dana Desa (DD) tahap 3 Tahun 2019.

Diketahui, dua Desa tersebut yakni Desa Jambu dan Desa Cangkreng Kecamatan Lenteng. Padahal DD tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang diperuntukkan bagi Desa, dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat, dan kemasyarakatan.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Baca Juga :  Ini Jadwal PPDB Tahun Ajaran Baru 2022-2023 di Bawah Naungan Disdik Sumenep

“Bagi dua desa tersebut yang belum mencairkan dana desa termin terakhir tahun 2019, kini sudah menjadi silpa di daerah,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sumenep, Moh. Ramli, Rabu (20/5).

Dia menjelaskan, sesuai hasil monitoring bahwa kendala atau permasalahan di lapangan yang membuat dana desa tersebut hingga detik ini belum dicairkan, ada pekerjaan fisik yang belum selesai dikerjakan, sehingga camat tidak bisa merekomendasikan pencairan dana desa tersebut.

Baca Juga :  Tanpa Perhatian Pemerintah, Masyarakat Perbaiki Jalan Poros Kabupaten Sampang Dengan Dana Swadaya

“Kita sudah turun langsung ke lapangan dan sudah melakukan pembinaan, serta mengarahkan kalau kendala tersebut harus dituangkan dalam APBD desa. Kita juga sudah bertemu di kecamatan, dan kita dorong agar dua desa tersebut untuk segera menyelesaikan APBDes-nya,” kata dia.

Biasanya, kata Ramli, sebelum bulan Juni harusnya sudah selesai, namun akibat ada aturan baru maka tidak ada batasan waktu pencairan dana desa tersebut.

Baca Juga :  Kajeb se-Madura Eksistensikan Wisata Sebagai Romansa Lokal

“Sebelum ada perubahan aturan, paling lambat pencairannya bulan Juni, apabila tidak dicairkan maka dana desa tersebut hangus,” jelasnya.

Untuk diinformasikan, jumlah Desa di Kabupaten Sumenep, terdapat 330 desa. Hanya dua desa yang belum mencairkan Dana Desa tahap 3 tahun 2019. (Mp/al/rul)

Baca berita lainya di Google News atau gabung grup WhatsApp sekarang juga!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertnative. Redaksi Madura Post tidak terlibat dalam materi konten ini.