SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Daerah

Realisasi Program Setengah Miliar Masker, 20 Desa di Pamekasan Salurkan Masker Gratis Kepada Masyarakat

Avatar
×

Realisasi Program Setengah Miliar Masker, 20 Desa di Pamekasan Salurkan Masker Gratis Kepada Masyarakat

Sebarkan artikel ini

PAMEKASAN, Masurapost.id – Seluruh Desa yang berada di Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur menyalurkan ratusan juta masker gratis ke masyarakat pada hari Jum’at 28/08, khususnya masyarakat Pademawu.

Hal itu merupakan yang pertama di Kabupaten Pamekasan dan sebagai wujud realisasi program setengah miliar masker sebagaimana yang diinstruksikan oleh Kemendes PDTT.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Menurut Camat Pademawu Ach. Farid, bahwasanya program penyaluran masker tersebut merupakan instruksi dari Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) kepada seluruh Kepala Desa untuk menyalurkannya.

“Semangatnya seluruh Kepala Kades dalam menyambut instruksi itu, membuat saya tidak kesulitan dalam merealisasikan program tersebut. Dengan dibantu Pendamping Desa mas Faridi dan semangat seluruh Kepala Desa di Kecamatan ini. Pembagian masker yang dananya menggunakan Dana Desa tersebut menjadi yang pertama di Kabupaten Pamekasan,” katanya, Senin (31/08/2020).

Baca Juga :  Beri Saran Taat Protokol, PMM UMM Giat Bagi-bagi Masker ke Sejumlah Warga

Ach. Farid juga menjelaskan, di era new normal ini mengikuti rangkaian protokol kesehatan itu sangat penting, sebab wabah Covid-19 selesai di Indonesia, terutama di Kabupaten Pamekasan.

“Dari hasil kordinasi dengan Pendamping Desa, hal ini sangat membantu kecamatan dan desa, sehingga bisa segera terealisasi,” ucapnya.

Ketua Ikatan Kepala Desa (IKASA) Kecamatan Pademawu H. Muzakki mengatakan, setelah mendapat intruksi seperti itu, seluruh Kepala Desa langsung merespon positif, sehingga tidak sulit untuk merealisasikannya.

Baca Juga :  Pemerintah Desa Bulangan Haji Mengucapkan Selamat Dirgahayu RI ke 77

“Demi keselamatan masyarakat Pademawu, Kepala Desa tidak sampai hati untuk mengabaikan instruksi tersebut, dan kami sadar bagaimana akan bahaya Covid-19,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pademawu Timur Juma’ati Elis Susanti, SH menuturkan bahwa masker sangat dibutuhkan meskipun masyarakat belum sadar akan hal tersebut, namun pemerintah desa akan terus mensosialisasikan pentingnya menjaga kesehatan ditengah pandemii covid.

“Dalam hal ini, kami menggandeng Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK),” ucapnya.

Baca Juga :  Pemdes Pamoroh Abaikan Prokes Covid-19 Pada Saat Pendistribusian BSB

Kemudian Kepala Desa Bunder Iswan Yanti mengatakan, penyaluran bantuan masker tersebut Alhamdulillah berjalan dengan baik.

“Alhamdulillah penyaluran bantuan masker ini berjalan dengan baik,” tuturnya.

Senada dengan apa yang dikatakan oleh Kepala Desa Bunder, Kepala Desa Murtajih Endang Suciati, S.pd mengatakan, penyaluran bantuan masker yang diinstruksikan oleh Kementrian Desa itu berjalan baik, dan berharap penyaluran tersebut dapat berjalan efektif apa bila di salurkan oleh ibu-ibu PKK di masing-masing desa.

“Hal ini untuk menyelamatkan jiwa masyarakat, paling tidak untuk mencegah mata rantai Covid-19 yang sampai saat ini belum berakhir,” ungkapnya. (Mp/nir/uki/kk)

Baca berita lainya di Google News atau gabung grup WhatsApp sekarang juga!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertnative. Redaksi Madura Post tidak terlibat dalam materi konten ini.