SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
DaerahHeadlinePemerintahan

Surprise, Desa Panaan Raih Predikat Tercepat Pencairan BLT Dana Desa Se – Palengaan

Avatar
×

Surprise, Desa Panaan Raih Predikat Tercepat Pencairan BLT Dana Desa Se – Palengaan

Sebarkan artikel ini

PAMEKASAN, MaduraPost – Mantap, Pemdes Desa Panaan Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan cairkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), lebih awal dari desa yang lain di kecamatan setempat.

Diketahui, ada sebanyak 185 orang penerima BLT DD di Desa Panaan yang tersebar di lima dusun.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Sebagaimana rincian berikut, 185 penerima BLT DD tersebut terdiri dari 58 orang beralamat di Dusun Karang Anom, 38 orang beralamat di Dusun Bata-bata, 16 orang beralamat di Dusun Morsongai, 48 orang beralamat di Dusun Tengah, dan 25 orang beralamat di Dusun Pakes.

Pencairan tahap pertama untuk bulan april dicairkan pada bulan mei dengan besaran Rp 600 ribu.

Baca Juga :  Di HUT ke-73 Bhayangkara, Desa Bira Tengah Raih Juara II Lomba Poskamling

Hadir dalam pencairan BLT DD tersebut, Camat Palengaan, Kapolsek Palengaan, Danramil Palengaan, Sekcam Palengaan, Kades Panaan, Bhabinkamtibmas Panaan, Perangkat Desa Panaan. BPD Panaan dan Pendamping Desa Panaan.

Adapun syaratnya, penerima belum mendapatkan BPNT (Bantuan Sembako), PKH, Pra-Kerja, Bansos Tunai, yang kehilangan mata pencaharian/penghasilan, belum terdata di DTKS atau memiliki anggota keluarga yang sakit kritis.

Pendataan penerima dilakukan dimulai dari dusun dan diverifikasi melalui musyawarah desa khusus agar benar-benar tepat sasaran, obyektif, transparan dan yang terpenting tidak double – double dengan bantuan yang lain.

Kepala Desa Panaan Muhammad Ali mengatakan, mekanisme ini merupakan satu rangkaian utuh, tidak bisa berdiri sendiri – sendiri. Proses inilah yang menjadi salah satu penyebab penyaluran BLT DD relatif lambat, karena memang harus dipastikan semua clear and clean.

Baca Juga :  Gara-gara Edit Foto Profil di Facebook, Pria Asal Jaddih ini Lapor Polisi

“Saya Muhammad Ali selaku Kepala Desa, mohon maaf kepada seluruh warga Desa Panaan, apabila dalam pencairan BLT DD ada keterlambatan, karena data ini harus dipastikan semua clear and clean,”Jelas Klebun Alih sapaan akrabnya, Senin, (11/05/2020).

Bantuan yang diberikan, lanjut Muhammad Ali, selama tiga bulan dimulai bulan April hingga bulan Juni tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik yakni untuk membeli makanan yang bergizi dan sehat.

“Kepada penerima bantuan ini, kami minta warga untuk memanfaatkan uang untuk membeli kebutuhan pokok. Belilah beras dan kebutuhan pokok yang lain. Yang penting kebutuhan pangan selama sebulan ke depan bisa aman. Jangan dimanfaatkan untuk keperluan yang tidak penting,”Imbaunya.

Baca Juga :  Soal Kasus Retribusi Pasar, KOMAD dan BMM Demo Sekda Pamekasan.

Sementara itu, Sekcam Palengaan Khusaimi membenarkan bahwa hari ini di salah satu desa di Kecamatan Palengaan sedang menyalurkan BLT DD.

“Ya betul mas, Pemdes Panaan hari ini, sedang melakukan pencairan BLT Dana Desa, mengawali desa yang lain,”Jelas Eko sapaan akrabnya.

Diinstruksikan kepada Kepala Desa, lanjut Sekcam Eko, untuk segera mengusulkan pencairan tahap pertama.

“Secepatnya selesaikan data-datanya dan segera diajukan ke Bank jatim untuk mendapatkan Virtual Account untuk nencairkan BLT DD,” Pungkas Eko. (Mp/rai/kk)

Baca berita lainnya di Google News atau langsung ke halaman Indeks

Konten di bawah ini disajikan oleh advertnative. Redaksi Madura Post tidak terlibat dalam materi konten ini.