Sumenep Mulai menyasar Remaja Untuk Divaksin Tahap Tiga

  • Bagikan
ILUSTRASI : Vaksinasi tahap ketiga khusus remaja disalurkan. (Istimewa)

SUMENEP, MaduraPost – Jika sebelumnya vaksinasi tahap pertama diberikan kepada tenaga kesehatan (Nakes) dan dan tahap kedua diberikan pada pelayan publik dan lansia, saat ini vaksinasi tahap ketiga menyasar masyarakat umum, dan diutamakan remaja.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Agus Mulyono mengatakan, jika proses tahapan vaksinasi ketiga ini sudah mulai dijalankan.

“Vaksinasi sekarang ini untuk mencapai kekebalan kelompok itu udah ada sasaran baru, yakni remaja,” ungkapnya, saat dikonfirmasi media ini melalui sambungan selularnya, Jumat (16/7).

BACA JUGA :  Forkopimcam Ketapang Sampang Gelar Giat Vaksinasi Masal

Pihaknya merinci, jumlah keseluruhan untuk sasaran vaksinasi tahap ketiga se-Kabupaten Sumenep mencakup 845.160 ribu total keseluruhan. Dari jumlah tersebut rinciannya meliputi masyarakat dan umum 618.588 ribu, sedangkan untuk remaja sekitar 91.708 ribu.

“Pelaksanaan vaksinasi khusus remaja ini sudah berlangsung menurut ketersediaan vaksin. Siapapun yang sudah remaja boleh divaksin,” katanya.

Menurutnya, siapapun yang masuk masyarakat rentan dan umum dianjurkan untuk melakukan vaksinasi untuk memberikan perlindungan diri dari Covid-19.

BACA JUGA :  Gencar Perangi Covid-19, Kades Palengaan Laok : "One Person One Mask"

“Apalagi saat ini ada varian baru virus Covid-19 delta,” ujarnya.

Pihaknya menerangkan, bahwa kekebalan imun tubuh itu meliputi beberapa jenis, yakni kekebalan alami dan kekebalan yang diciptakan. Kekebalan alami yang diciptakan itu termasuk vaksinasi untuk mencegah penularan Covid-19.

“Sama sebenarnya vaksinasi untuk influenza, kalau dulu sebelum pandemi Covid-19 ini apabila ada orang yang ingin umrah itu kan ada vaksin influenza. Nah itu untuk membentuk perlindungan diri terhadap virus. Sama sekarang ini ada vaksinasi Covid-19,” jelasnya.

BACA JUGA :  Pedagang-pengunjung Divaksin, Pasar Srimangunan Terapkan PPKM Darurat Covid-19

Dia menekankan, apabila target vaksinasi harus mencapai target 70 persen dari jumlah penduduk. Maka sasarannya dikembangkan pada masyarakat umum, lansia dan remaja.

“Vaksinasi ini kan sudah ada jaminan dari Pemerintah, dan tentu ada manfaatnya,” tandasnya.

  • Bagikan