Sumenep Miliki Perda KLA, Komisi IV DPRD Akan Segera Lakukan Sosialisasi Bulan Ini

  • Bagikan
PROFIL : Anggota Komisi IV DPRD Sumenep, Sami'oeddin. (Istimewa)

SUMENEP, MaduraPost – Problema soal menciptakan lingkungan ramah anak akhirnya terwujud di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Melalui Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, Peraturan Daerah (Perda)  Kabupaten Layak Anak (KLA) segera terealisasi.

Kota berlambang ‘Kuda Terbang’ ini dipastikan sudah mempunyai Perda KLA. Hal ini setelah turun evaluasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) untuk segara dilakukan sosialisasi.

BACA JUGA :  Hari Ini Saksi Penggugat Kasus Sengketa Tanah Pasar Batuan Penuhi Panggilan PN Sumenep

Anggota Komisi IV DPRD Sumenep, Sami’oeddin mengungkapkan, saat ini Perda KLA tersebut sudah berada di Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep.

“Alhamdulilah Perda KLA sudah turun hasilnya tinggal kita sosialisasi,” terangnya, Sabtu (20/11).

Untuk diketahui, adanya Perda KLA ini bertujuan untuk memberi payung hukum dalam mengatasi persoalan lingkungan ramah anak.

Dalam Kebijakan tersebut digambarkan bahwa KLA merupakan upaya pemerintahan Kabupaten atau Kota untuk mempercepat implementasi Konvensi Hak Anak (KHA) dari kerangka hukum ke dalam definisi, strategi, dan intervensi pembangunan seperti kebijakan, institusi, dan program yang layak anak.

BACA JUGA :  Forkopincam Banyuates Bangkit Melawan Wabah Virus Corona, Masyarakat Diminta Tenang

“Saya berharap Perda KLA ini bukan hanya formalitas belaka, tetapi yang terpenting implementasi serta dukungan Pemkab melalui anggaran,” ujarnya.

Menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, sudah berapa kali Kabupaten Sumenep menyandang prestasi KLA, hanya saja baru kali ini memiliki Perda KLA tersebut.

Dia menerangkan, tidak ada perubahan soal izin dari draf Perda KLA, hanya ada istilah penciptaan bahasa secara hukum. Sementara, Perda KLA sendiri akan dilakukan sosialisasi pada tanggal 29 November 2021 mendatang.

BACA JUGA :  Uji Coba PTM di Tengah Pandemi Covid-19 Selama Satu Bulan di Sumenep Dinilai Baik

“Alhamdullah semua aman. Nanti akan disosialisasikan oleh anggota Komisi IV DPRD Sumenep di masing-masing Daerah Pemilihan (Dapil),” tukasnya.

  • Bagikan