SMK Darul Aitam Karang Penang Sampang, Launching Program SMK Mini, Dengan Produksi Songkok Nasional

Avatar

SAMPANG, MaduraPost – Yayasan Pondok Pesantren Darul Aitam resmi launching Program SMK Mini di Dusun Karang Bistah Desa Tlambah Kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang Madura JawaTimur, Selasa, (10/03/2020).

Program SMK mini ini adalah semacam balai latihan kerja, dimana siswa SMK Darul Aitam diberi keterampilan tambahan. Dikursus dan digembleng secara khusus untuk menambah wawasan.

Dengan tujuan setelah lulus dari SMK Darul Aitam, mereka bukan lagi bagian dari pengangguran, tetapi bagian dari orang yang bermanfaat bagi kedua orang tua dan negara, karena terserap oleh dunia usaha dan industri.

Acara tersebut dihadiri oleh, Ketua Yayasan PP Darul Aitam, KH. Ali Makki., Kepala SMK Darul Aitam, Zainullah, S.Kom., Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang, KH. Asya’ari, M.Pd., Ketua MKKS Kabupaten Sampang, Tokoh Ulama’, Tokoh Masyarakat dan para undangan.

BACA JUGA :  Opitimisme Bupati Jaga Sumenep Tetap Zona Hijau

Sebelum dilaunching SMK Mini, para stake holder Darul Aitam berencana mengajukan pengelolaan sablon yang sudah setahun digelutinya. Namun, pengajuan tersebut ditolak, maka bermacam inovasi diajukan. Akhirnya, pembuatan songkok nasional disetujui.

Program SMK Mini Darul Aitam mengembangkan life skill berupa Produksi Songkok Nasional dengan merk “Songkok Nasional Al Makki”.

Para santri digembleng untuk selalu berkarya mencari ide baru. Dalam pembuatan songkok Nasional Al Makki setiap minggunya mencapai kurang lebih dua ratus songkok.

Terbukti, hasil produksi songkok nasional buatan tangan-tangan kreatif siswa Darul Aitam, dibagikan kepada hadirin di launcing Program SMK Mini Darul Aitam saat ini.

Kepala sekolah SMK Darul Aitam, Zainullah, S.Kom. Mengatakan, melalui Program SMK Mini, para santri dapat menggali kemampuan (skill) sehingga para santri SMK Darul Aitam memiliki bekal saat berada di masyarakat nanti.

BACA JUGA :  Proyek Revitalisasi Pasar 17 Agustus Pamekasan Diduga Palsukan Data, LSM KORAK Sebut LPSE Bisa Dipidana

“Dengan meningkatkan skiil para santri, diharapkan mampu membuka lapangan kerja yang sesuai dengan potensi kebutuhan konsumen,”Imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang, KH. Asya’ari, M.Pd., meresmikan launching SMK Mini Darul Aitam dengan pengguntingan pita dan pelepasan balon. Menurutnya, Program SMK Mini merupakan program yang hanya ada di Provinsi Jatim, tidak ada di Provinsi lain di Indonesia.

“Bersyukurlah, SMK Darul Aitam, menjadi satu dari delapan yang ada di Kabupaten Sampang yang mendapatkan Program SMK Mini,”ucap KH. Asya’ari, M.Pd.

Menurutnya, Dana yang dikucurkan pemerintah Provinsi Jatim untuk Program SMK Mini sangat fantastis. Semua itu, untuk mengembangkan bakat dan minat siswa dalam dunia preneurship kewirausahan.

BACA JUGA :  Pembangunan Puskesmas Legung Rampung, Pemerintah Klaim Sesuai Aturan Kemenkes

“Dana sebesar dua ratus lima puluh juta ini, dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk membuat produksi songkok nasional yang berkwalitas,”imbuhnya.

Sasaran utamanya Program SMK Mini ini lanjut Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang, adalah para siswa bukan guru, dan juga bukan untuk para guru pembimbing.

“Kepala sekolah jangan sampai hanya mengejar barang berkwalitas, sehingga tidak melibatkan para siswanya. Ingat, program ini untuk siswa agar mempunyai keterampilan dan bekal usaha nantinya,”tandasnya

Tanamkan dalam raga dan jiwa spirit semangat kewirausahaan. Karena dengan bersungguh-sungguh akan mencapai hasil yang maksimal.

“Anak-anakku sekalian, mulai saat ini marilah tanamkan spirit semangat kewirausahaan. “Man Jadda Wajada” siapa yang bersungguh – sungguh akan mencapai hasil yang maksimal. Semoga sukses,” Pungkasnya. (mp/rai/rus).