RSUDMA Sumenep Terus Berbenah, Tahun Ini Ada Program Prioritas

Avatar
WAWANCARA. Kasi Humas RSUDMA Sumenep, Arman Endika Putra, saat diwawancara MaduraPost di kantornya. (M. Hendra. E)

SUMENEP, MaduraPost – Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Moh. Anwar (RSUDMA) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, memiliki program prioritas demi menunjang pelayanan untuk masyarakat. Jumat, 11 Maret 2022.

Hal ini menjadi inovasi baru rumah sakit milik Pemerintah Daerah tersebut. Humas RSUDMA Sumenep, Arman Endika Putra mengungkapkan, tahun 2022 ini telah mencanangkan 5 program prioritas yang akan terealisasi.

“Terobosan baru ini harus diketahui masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal,” kata Direktur RSUDMA Sumenep Erliyati, melalui Kasi Humas Arman Endika Putra, saat diwawancara MaduraPost di ruang kerjanya, Jumat (11/3).

BACA JUGA :  Wakapolres Sampang Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di UPTD SDN 1 Labuhan Sreseh

Arman menjelaskan, sejumlah program perioritas yang dicanangkan itu salah satunya menjadikan rumah sakit pendidikan.

Disamping berbenah untuk merenovasi ruangan perawatan sesuai standarisasi aturan Kemenkes dan DJSN, tidak kalah penting RSUDMA Sumenep ingin merintis Poli Trauma Center.

“Selanjutnya ada pusat rujukan onkologi kemoterapi se Madura dan terakhir pusat rujukan penyakit ginekologi onkologi di RSUD Sumenep ini,” kata Arman mengungkapkan.

BACA JUGA :  Pemerintah Malaysia Bagikan Sembako Untuk TKI yang Terdampak Lockdown Wilayah

Pihaknya berharap langkah-langkah strategis itu segera terwujud dan berjalan dengan baik. Arman mengatakan, saat ini RSUDMA Sumenep tengah melakukan MoU dengan penyelenggara pendidikan.

“Kami lakukan secara daring dan seminar untuk persiapan standar RS pendidikan Kemkes. MoU ini sudah dilaksanakan pada akhir Februari kemarin,” bebernya.

Program prioritas tersebut diantaranya juga membahas soal penyediaan sarana prasarana. Salah satunya yakni berjejaring dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

BACA JUGA :  Siaga Covid-19, Pemerintah Desa Klompang Barat Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Kemudian, RSUDMA Sumenep juga bermitra dengan gynekolog. Sementara untuk renovasi rumah sakit, direncanakan tahun ini sudah dilakukan.

“Tujuannya, agar peserta BPJS dapat memanfaatkannya. Yang kami lakukan sepenuhnya untuk RSUDMA yang merupakan milik bersama warga sumenep. Semoga dengan semangat ini, bismillah melayani dapat menjadi pilihan utama pelayanan kesehatan di Sumenep,” tandasnya.