PT PLN (Persero) UID Jawa Timur Berikan Sambungan Listrik Gratis Pada Warga Sumenep

  • Bagikan
SEREMONIAL : Perwakilan PT PLN (Persero) UID Jawa Timur, saat menyerahkan bantuan secara simbolis diterima oleh Sekda Sumenep, Edy Rasyadi. (M. Hendra. E)

SUMENEP, MaduraPost – Bertepatan pada Hari Listrik Nasional ke 76 tahun dengan tema “Terang Negeriku, Tangguh Indonesiaku”, PT PLN (Persero) UID Jawa Timur, berikan bantuan sambungan listrik gratis kepada warga Desa Gunggung, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep. Selasa, 9 November 2021.

Secara simbolis penyambungan listrik kepada dua warga desa tersebut dikemas dengan acara Penyerahan Donasi PLN Mobile Virtual Charity Run And Ride 2021.

Hadir pada kesempatan itu Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Sumenep Edy Rasyadi, Muspika Batuan, dan Manager PLN UP3 Pamekasan, Miftachul Farqi Faris.

Diketahui, PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride merupakan ajang lari dan bersepeda yang bisa dilakukan di mana saja sejak 16 Oktober hingga 7 November 2021 untuk tujuan beramal.

Dengan mengangkat tema “Terang Negeriku, Tangguh Indonesiaku”, kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Listrik Nasional ke 76. Peserta diajak untuk menerapkan gaya hidup sehat melalui olahraga lari dan bersepeda.

BACA JUGA :  Buat KTP-eL di Pamekasan Rumit, Masyarakat harus Antri Puluhan Jam

Dalam sambutannya, General Manager PT PLN (Persero) UID Jawa Timur, Adi Priyanto menyampaikan, setiap kilometer yang ditempuh oleh pelari dan pesepeda akan dikonversikan dalam bentuk rupiah yang nantinya digunakan untuk membiayai penyambungan listrik masyarakat tidak mampu.

“Setiap kilometer lari akan dikonversikan ke dalam rupiah yaitu sebesar Rp.40.000,- dan sepeda sebesar Rp.36.000,-,” ujarnya, Senin (8/11/2021) kemarin.

Di Indonesia, lebih dari 18 ribu keluarga pra sejahtera akan menerima bantuan biaya penyambungan listrik dari hasil VCRR yang diselenggarakan tahun ini.

Sementara pada tahun sebelumnya, melalui gelaran PLN VCRR 2020, PLN bersama masyarakat berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 6,1 miliar yang digunakan untuk melakukan penyambungan lebih dari 8 ribu keluarga pra-sejahtera.

“PLN Mobile VCRR telah diikuti 1311 peserta di Jawa Timur dan nominal yang terkumpul sudah mencapai Rp.447.049.200,-,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Nahas, Baju Terlilit Rantai Saat Mengendarai Motor, Dua Warga Batu Kerbuy Alami Luka Parah

Pada kesempatan tersebut, PLN akan menyalurkan donasi bantuan listrik gratis untuk rumah tangga tidak mampu sebanyak 1.250 pelanggan di Kabupaten Sumenep dengan nominal Rp.906.876.000,-.

Selain itu, PLN juga hadir bersama dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN untuk menyalurkan zakat rekan-rekan pegawai kepada para dhuafa dan penerima manfaat.

YBM PLN sendiri merupakan lembaga pengelola zakat, infaq, sodaqoh rekan-rekan PLN yang kali ini akan menyalurkan bantuan paket sembako untuk 50 orang penerima manfaat dengan total senilai Rp.12.500.000,-.

Kemudian, perbaikan afahbedah rumah sebanyak 1 unit milik, Jumanti, warga Desa Gunggung Kecamatan Batuan. Dengan bantuan listrik gratis tersebut diharapkan mampu menghadirkan terang kepada seluruh masyarakat khusunya keluarga pra sejahtera.

“Bersamaan dengan momentum Hari Listrik Nasional ke-76, PLN akan menyalurkan donasi PLN Mobile VCRR dalam bentuk sambung listrik gratis kepada masyarakat Sampang, Pamekasan, Probolinggo, Bondowoso, Situbondo, Pacitan, Ponorogo dan Jember dengan total 3100 rumah tangga pra sejahtera,” urainya.

BACA JUGA :  PT. Garam (Persero) Serap Aspirasi Mahasiswa, MoU Kemaslahatan Buruh Garam Terpenuhi

“Selain peningkatan kesejahteraan dengan adanya listrik kami pun berharap, Rasio Elektrifikasi desa belum berlistrik di Jawa Timur makin meningkat dengan adanya kegiatan ini,” sambungnya.

Menanggapi hal itu, Sekda Sumenep, Edy Rasyadi mengucapkan banyak terimakasih kepada General Manager PT PLN (Persero) UID Jawa Timur yang tetus membangun Kabupaten Sumenep utamanya disegi kelistrikan.

“Bukan hanya PLN, dari APBD kita juga membantu penyembuhan listrik keluarga miskin. Kemarin telah dilakukan MoU Pemkab Sumenep dengan General Manager Jawa-Bali, ini dalam rangka percepatan elektrifikasi Kabupaten Sumenep. Mudah-mudahan bisa tercapai utamanya di Kepulauan,” papar dia.

Pihaknya juga merespon baik bagi warga setempat yang mendapatkan bantuan listrik gratis tersebut. Sedikitnya dua warga desa tersebut mendapatkan penyambungan listrik secara gratis.

“Masyarakat alhamdulillah banyak yang bersyukur mendapatkan bantuan gratis ini. Saya harapkan PLN terus membantu Kabupaten Sumenep,” jelasnya.

  • Bagikan