Politisi Partai Gerindra Tolak Rencana Perubahan Dapil Usulan KPU Pamekasan

Avatar
Khairul Kalam, Wakil Ketua DPC Gerindra Pamekasan.

PAMEKASAN, MaduraPost – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan mengusulkan adanya perubahan daerah pemilihan (Dapil) dan jumlah kursi pada pemilu 2024 di Kabupaten Pamekasan.

Hal tersebut sesuai surat KPU Pamekasan Nomor 61/PL.01.01/3528/2022 tentang rencana penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota dewan perwakilan rakyat daerah pamekasan dalam pemilihan umum tahun 2024.

Dari yang sebelumnya, Kabupaten Pamekasan hanya terdapat lima daerah pemilihan (Dapil), kini akan ditambah menjadi enam Daerah Pemilihan (Dapil).

Menanggapi hal tersebut, Politisi Partai Gerindra Kabupaten Pamekasan, Khairul Kalam menolak rencana perubahan dapil usulan KPU Kabupaten Pamekasan.

BACA JUGA :  LSM FKRT : Selamat dan Sukses Atas Terpilihnya Slamet Ariyadi Sebagai Ketua DPD PAN Sampang

Menurut Khairul Kalam, Usulan tersebut terlalu dini pada saat momentum pemilu 2024 sudah mulai berjalan.

“Kenapa baru diumumkan sekarang, tidak dilakukan uji publik jauh hari sebelum tahapan pemilu 2024 dimulai,” Kata Khairul. Kamis (24/11/22).

Lebih lanjut Kalam menilai bahwa usulan tersebut hanya akan mengakomodir kepentingan sejumlah oknum partai politik yang akan berkompetisi pada pemilu 2024 di Kabupaten Pamekasan.

“Kami yakin, Partai Politik yang saat ini mendapat kursi di DPRD Pamekasan belum pernah diajak bicara oleh KPU Pamekasan,” Lanjut Khairul.

BACA JUGA :  Pendaftaran Cabup Cawabup Sumenep, Tim Fauzi – Nyai Eva Padati KPU Sumenep

Menurut Kalam, Rencana perubahan Dapil hanya akan menguntungkan partai Politik peserta pemilu 2024 yang saat ini tidak mendapatkan kursi di DPRD Pamekasan dan partai pemenang pada pemilu 2019 di Kabupaten Pamekasan.

“Ada dua partai politik yang sangat diuntungkan jika perubahan dapil disetujui KPU RI, yaitu partai pemenang 2019 di Kabupaten Pamekasan dan Partai besar yang pada 2019 tidak mendapatkan kursi di DPRD Kabupaten Pamekasan,” Jelas Kalam.

Atas pertimbangan tersebut, Kalam meminta Partai Politik Peserta Pemilu 2024 untuk bersama menolak usulan KPU Kabupaten Pamekasan terkait rencana perubahan dapil.

BACA JUGA :  Fattah Jasin Dianggap Sebar Hoaks dan Dinilai Tidak Pantas Jadi Bupati Sumenep

Berikut daftar usulan KPU Kabupaten Pamekasan tentang perubahan Dapil pada pemilu 2024 di Kabupaten Pamekasan.

Dapil 1 Meliputi Kecamatan Pamekasan dan Tlanakan (8 kursi)
Dapil 2 Meliputi Kecamatan Proppo dan Palengaan (9 kursi)
Dapil 3 Meliputi Kecamatan Pegantenan, Larangan (7 kursi)
Dapil 4 Meliputi Kecamatan Batu Marmar dan Pasean (7 Kursi)
Dapil 5 Meliputi Kecamatan Pakong, Waru dan Kadur (8 Kursi)
Dapil 6 Meliputi Kecamatan Pademawu dan Galis (6 kursi)