Polisi Amankan Pemilik Mobil Berjalan Mundur yang Viral di Sumenep

Avatar
DIAMANKAN. Kasat Lantas Polres Sumenep, AKP Lamudji, saat mengamankan pemilik mobil yang berjalan mundur dan viral di media sosial. (Kasubbag Humas Polres Sumenep)

SUMENEP, MaduraPost – Viral lantaran mengemudikan mobil dengan cara mundur di sepanjang Jalan Raya Diponegoro, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Madura, Timur, polisi akhirnya tangkap pemiliknya. Jumat, 6 Mei 2022.

Peristiwa ini terjadi pada Kamis (5/5/2022) kemarin dan membuat warga setempat resah akibat ulah oknum alias sopir mobil tersebut.

“Ini sangat membahayakan, apalagi bagi keselamatan orang banyak,” kata inisial D, salah satu pengguna jalan, Jumat (6/5).

Menurutnya, petugas yang berwajib harus bisa menertibkan oknum yang melanggar aturan itu, apalagi dilakukan di jalan raya.

“Setidaknya dipanggil lah yang bersangkutan, orang yang punya mobil diketahui masyarakat se Sumenep kok,” kata dia menegaskan.

BACA JUGA :  Bahas Soal Tuntutan Warga, Hari ini HCML Dipanggil Ketua Komisi I DPRD Sumenep

Dari informasi yang dihimpun MaduraPost, mobil yang viral berjalan mundur itu milik salah satu warga Sumenep yang digadang-gadang mengidap penyakit gangguan jiwa.

Ada yang menyebutkan, sang pemilik mobil adalah seorang pria yang sempat viral pada tahun 2010 dengan lagunya yang berjudul “Aoleng”, dia bernama Bahir.

“Itu Kiai Bahir, memang sering berbuat tidak menyenangkan di jalan raya. Selain menyaringkan lagu menggunakan speaker, juga meresahkan masyarakat,” kata inisial T, warga kelurahan Karangduak, Kecamatan Kota pada MaduraPost.

BACA JUGA :  Sebagian Warga Terdampak Banjir di Kota Sampang Mengaku Tidak Dapat Bantuan Pemerintah

Benar saja, Jumat sore polisi berhasil menangkap pemilik mobil tersebut. Diketahui, mobil yang berjalan mundur itu jenis Daihatsu Charade tahun 1986, dengan nomor polisi (Nopol) M 1965 VH.

“Video berdurasi 30 detik itu terlihat sopir ngebut dengan sengaja menyalakan musik dengan kencang,” kata Kapolres Sumenep, AKBP Rahman Wijaya melalui Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti mengungkapkan.

Pihaknya menerangkan, jika hal itu dianggap membahayakan pengemudi lainnya saat berkendara di jalan raya.

Dirinya juga memerintahkan Kasat Lantas AKP Lamudji untuk menindak tegas mobil yang viral di media sosial tersebut.

BACA JUGA :  Semakin Meluas, Pasien Positif Corona di Sampang Bertambah Menjadi Empat Orang

Identitas pemilik mobil diketahui bernama Ach. Bahir (40), warga asli Desa Pakondang, Kecamatan Rubaru. Sementara mobilnya telah diamankan ke Mapolres Sumenep.

Atas tindakannya itu, Satlantas Polres Sumenep mengenakan Pasal 283 Undang-Undang Lalu Lintas Angkutan Jalan tentang mengemudi dengan tidak wajar.

“Pengemudi mobil tidak dilakukan penahanan, namun diminta untuk membuat surat pernyataan dan permohonan maaf agar tidak mengulangi perbuatannya,” tegasnya.

Meskipun tidak dilakukan penahanan, polisi tetap memberikan sanksi tilang. Terpisah, Kasat Lantas Polres Sumene AKP Lamudji mengaku langsung mencari mobil tersebut.

“Kami amankan ini sudah merupakan tindakan tegas,” pungkasnya.