SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
DaerahHeadlinePemerintahan

Pilkades Tahap Dua di Sumenep Akan Berlangsung 2021 Mendatang

Avatar
×

Pilkades Tahap Dua di Sumenep Akan Berlangsung 2021 Mendatang

Sebarkan artikel ini

SUMENEP, Madurapost.id – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, resmi diundur hingga tahun 2021 mendatang.

Hal itu disebabkan dari dampak pandemi covid-19 yang hingga saat ini masih dalam proses pemulihan atau memasuki masa New Normal.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

“Jadi di tahun 2020 pada awalnya kita memang memprogramkan Pilkades serentak dan Pilkades antar waktu. Namun sesuai dengan dinamika pandemi covid-19, dinamika regulasi juga, khusus Pilkades serentak sudah diamanatkan dalam Perbup yang baru (Mohon maaf nomornya saya lupa), bahwa Pilkades tahun 2020 ditunda menjadi tahun 2021,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Moh. Ramli, Senin (15/06/2020).

Baca Juga :  Bayi Lahir Tanpa Anus Asal Bindang Pasean Dirujuk Ke Surabaya, Mereka Butuh Uluran Tangan Para Dermawan

Terdata dari 86 Desa, Pilkades serentak tahap dua yang direncakan pada tahun 2021 itu, kata Ramli, yakni bagi Kades yang berakhir masa jabatannya.

“Sehingga dalam amanat Perbup itu pelaksanaannya dilaksanakan di tahun 2021, dan 2027 nanti semua Desa akan serentak se-Kabupaten,” kata dia.

Jika sebelumnya pada tahun 2019 ada Pilkades tahap satu dan dua, amanat Perbup Pilkades serentak di Kabupaten Sumenep sampai tahun 2021 sebanyak 86 Desa. Sedangkan, dari 330 Desa se-Kabupaten pada tahun 2027 akan menjalani Pilkades serentak tanpa ada tahapan satu dan dua dalam pelaksanaannya.

Baca Juga :  Cetak Rekor, Pemkab Sumenep Kembali Dapatkan Opini WTP dari BPK RI

“Insyaallah setelah pelantikan Bupati baru. Jadi sekitar bulan Maret atau April kita gelar tahapan, tapi hari H-nya paling cepat bulan Mei atau Juni untuk pemungutan suara,” tandasnya. (Mp/al/kk)

Baca berita lainya di Google News atau gabung grup WhatsApp sekarang juga!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertnative. Redaksi Madura Post tidak terlibat dalam materi konten ini.