Pilbup Sumenep 2020 Selesai, Fauzi-Eva Keluar Jadi Pemenang

  • Bagikan

SUMENEP, MaduraPost – Kantongi 51,9 persen suara, Fauzi-Eva menang di Pilkada Sumenep. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, tuntas melakukan rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep 2020.

Rapat pleno terbuka tentang penetapan Paslon pemenang Pilkada tersebut digelar di Hotel Utami Sumekar sejak 16 hingga 17 Desember 2020.

Sekitar pukul 16.35 WIB penghitungan hasil pleno rekap suara tingkat Kabupaten itu akhirnya selesai. Dari 27 Kecamatan, perolehan suara paslon nomor urut 01, Achmad Fauzi – Dewi Khalifah (Fauzi–Eva) mendapatkan suara sebanyak 319.876 atau sekitar 51,9%.

BACA JUGA :  Doa Busyro Karim Untuk Kemenangan Fattah Jasin - Ali Fikri

Sementara paslon nomor 02, yaitu pasangan Fattah Jasin–Kiai Ali Fikri Warits (Gus Acing-Mas Kiai) mendapatkan suara sebanyak 296.676 atau 48,1%. Selisih 23.200 suara dari Paslon nomor urut 01.

Ketua KPU Sumenep, Abd Warist mengatakan, meski sedikit ada kekeliruan input data di beberapa Kecamatan, namun hal itu berhasil diperbaiki.

“Rapat pleno berjalan lancar, hasilnya sudah bisa diketahui sendiri, paslon nomor urut 01 lebih unggul dari paslon nomor urut 02,” katanya, Jumat (18/12).

BACA JUGA :  KPU Sumenep Terima Berkas Pencalonan di Hari Pertama

Menurutnya, tahap selanjutnya adalah penetapan calon terpilih, yakni setelah mendapat pemberitahuan dari Mahkamah Konstitusi (MK) apakah gugatan dari salah satu paslon diterima atau tidak.

“Sejak dibacakannya ketetapan ini, KPU akan menunggu pemberitahuan dari MK selama lima hari ke depan,” kata dia.

Jika gugatan tersebut ditolak oleh MK, sambungnya, maka pihaknya akan mengumumkan ketetapan final siapa yang terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sumenep periode 2021-2024.

BACA JUGA :  Sowan ke Ponpes Sidogiri, Cabup Fauzi Dapat Serban dan Ijazah Doa dari Para Kiai

“Kalau gugatannya diterima maka proses di MK lanjut, kalau ditolak maka kita akan umumkan paslon terpilih, kalau hasil dari rekapitulasi suara sudah dinyatakan sah,” pungkasnya. (Mp/al/kk)

  • Bagikan