Pesan Moral Ketua DPRD Sumenep di Hari Pahlawan Nasional

  • Bagikan
PROFIL : Ketua DPRD Sumenep, Abdul Hamid Ali Munir, saat diwawancara MaduraPost beberapa waktu lalu. (M. Hendra. E)

SUMENEP, MaduraPost – Bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional 10 November, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, berpesan untuk hari pahlawan haruslah dijadikan sebagai bahan renungan dan pelecut semangat. Rabu, 10 November 2021.

Selain itu, Ketua DPRD Sumenep, Abdul Hamid Ali Munir, tak lupa mengucapkan rasa syukur dan mendoakan pahlawan yang telah gugur di Medan pertempuran.

“Sebab, tanpa perjuangan para pahlawan, bangsa ini tidak akan menjadi bangsa yang merdeka seperti sekarang,” ucapnya, saat dikonfirmasi awak media, Rabu (10/11).

BACA JUGA :  Pelukan Mesra Bupati Sampang Bikin Buyar Peserta Aksi yang Menunggu Hingga Larut Malam

Flashback ke belakang, Hamid mengatakan, momentum merupakan peristiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia. Yaitu pecahnya perang antara tentara sekutu kolonialisme dan para pejuang Kemerdekaan.

Pertempuran berdarah yang tidak seimbang itu terjadi di Kota Surabaya, tepatnya pasca bangsa ini mengproklamirkan Kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945 silam.

Tentu saja, peristiwa itu terus diingat oleh generasi bangsa ini. Dimana, setiap tahunnya pada 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional.

BACA JUGA :  Proyek Revitalisasi Pasar 17 Agustus Pamekasan Diduga Palsukan Data, LSM KORAK Sebut LPSE Bisa Dipidana

Menurutnya, masyarakat Indonesia khususnya warga Sumenep harus mewarisi spirit kebangsaan. Paling tidak di momentum peringatan hari pahlawan tahun ini ikut membantu mengsukseskan program pemerintah dalam hal menekan penyebaran covid-19. Yaitu dengan cara mematuhi peraturan yang ditetapkan.

“Pertempuran Surabaya harus menjadi pelecut semangat kita melawan tantangan pandemi Covid-19,” jelas dia.

Karena, lanjutnya, dengan mematuhi apa yang diikhtiarkan oleh Pemerintah, seperti program vaksinasi dan penerapan prokes maka, segi penanganan aspek kesehatan akan cepat selesai

BACA JUGA :  Protes Pelayanan Publik, Pemuda Pantura Emoh Punya Wakil Rakyat Kepincut Sosmed

“Masyarakat sehat pemulihan ekonomi akan berjalan lancar,” sambungnya.

Dia mengungkapkan, sikap Pahlawan yang patut dicontoh masyarakat diantaranya adalah karakternya. Yaitu tanpa pamrih dan rela membantu sesama.

“Pahlawan itu tanpa pamrih, rela membantu sesama tanpa mengharapkan imbalan, kita harus mewarisi spirit itu,” terang politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

  • Bagikan