Peringati Hari Pahlawan 10 November, Ini Pesan Wali Kota Surabaya

  • Bagikan
Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-76. (Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika Surabaya)

SURABAYA, MaduraPost – Dalam rangka  memperingati Hari Pahlawan, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar Upacara Hari Pahlawan ke-76 di Taman Surya Balai Kota Surabaya, Rabu (10/11/2021).

Peringatan Hari Pahlawan dipimpin langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang bertindak sebagai inspektur upacara. Hadir juga jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Surabaya dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Surabaya, dari veteran sampai pekerja sosial.

BACA JUGA :  Ratusan Pelamar CPNS di Sampang Tak Lolos Administrasi

Dalam pidatonya, Eri berpesan, bahwa Pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya merupakan bukti dan dirayakan sebagai Hari Pahlawan, tentu haruslah menjadi acuan untuk ditiru. Seperti, kemauan yang kuat dan pantang putus asa, tak kenal perbedaan dan batasan dalam mempertahankan kemerdekaan.

“Jiwa persatuan yang tidak menanyakan asal-usul dan semangat pantang menyerah inilah yang harus kita resapi dan lestarikan sebagai bangsa dalam menghadapi tantangan dan ancaman apa pun,” kata Eri.

BACA JUGA :  Kepala Desa Palesanggar Mengaku Tidak Tahu Terkait Realisasi Proyek Pokmas di Dusun Kamoning

Selain itu, Eri mengatakan, perjuangan pahlawan yang pantang menyerah untuk mengusir penjajah dari Kota Surabaya seharusnya bisa dijadikan inspirasi.

“Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021, Pahlawanku Inspirasiku,” tambahnya.

Eri melanjutkan, hari ini lawan kita bukan penjajah tapi bagaimana menggerakkan ekonomi menjadi keberhasilan bagi masyarakat Kota Surabaya.

“Lawan kita adalah diri kita sendiri, kemampuan dan keinginan kita sendiri untuk bangkit, kita berjuang bersama dengan semangat pantang menyerah dan dengan situasi apa pun, kita harus bangkit kembali dan menunjukkan bahwa Surabaya punya semangat yang hebat untuk bangkit dari pandemi,” tandas Eri.

BACA JUGA :  Wakil Bupati Sumenep Dilantik Sebagai Ketua KADIN, Berikut Programnya

Ia berharap, dengan semangat yang telah dipancarkan para pahlawan bisa menginspirasi masyarakat dalam memajukan roda perekonomian Kota Surabaya. Setelah upacara selesai digelar, acara dilanjutkan dengan ziarah ke makam pahlawan.

  • Bagikan