Opini  

Pentingnya Bahasa Arab di Era 4.0

Avatar
Insiyatul Jamilah, Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAIN MADURA.

OPINI, MaduraPost – Bahasa Arab merupakan syair Islam dan umat Islam. Islam diturunkan di Makkah, sehingga mayoritas penduduk disana menggunakan bahasa arab sebagai bahasa pertamanya.

Berbagai literatur dan syair agama Islam menggunakan Arab sebagai bahasanya, sehingga mempelajari bahasa Arab juga bisa membantu seorang muslim untuk memahami agamanya dengan baik, akan tetapi tanpa kita sadari bahasa Arab juga kita pergunakan setiap sholat, dzikir, sholawat dan lain-lainnya.

Akan tetapi, lingkup pengaruh yang diberikan oleh bahasa Arab itu sebenarnya jauh lebih besar sehingga peradaban Islam telah melintasi setiap perbatasan dan telah menjadi bagian dari setiap budaya di planet ini. Sehingga ada peribahasa tentang Bahasa Arab menurut “Ibnu ‘Asakir” dalam terjemahan Zahir Ibn Muhammad Ibn Ya’qub, yaitu:

“Cintailah Bahasa Arab karena tiga: karena aku Berbahasa Arab, Al-qur’an Berbahasa Arab, dan kalam Ahlu Al-jannah (penghuni surga) adalah Bahasa Arab”.

Bahasa Arab memiliki pasang surut sejak masa Jahiliah. Oleh karenanya bahasa Arab itu memiliki tradisi sastra yang sangat tinggi sehingga banyak orang-orang yang belum mengetahui apa saja keutamaan bahasa Arab itu sendiri.

BACA JUGA :  Daftar Bacawabup Lewat PPP Sumenep, Achmad Yunus: Saya Merasa Satu Ideologi

Allah SWT memilih bahasa Arab itu sebagai bahasa kitab suci umat Islam yang telah diturunkan kepada Nabi kita Muhammad SAW dan diberikan untuk umat Islam akhir zaman. Oleh karena itulah bahasa Arab mengapa begitu penting dan juga begitu mulia sehingga ilmu-ilmu yang bertentangan dengan Islam banyak yang disampaikan dengan menggunakan bahasa Arab.

Dari begitu banyaknya keutamaan bahasa Arab saya akan menyebutkan beberapa diantaranya, yaitu:
1. Bahasa Arab adalah bahasa tertua.
2. Bahasa yang banyak digunakan dipenjuru dunia.
3. Bahasa Arab merupakan bahasa Internasional.
4. Bahasa Arab merupakan bahasa kitab suci umat Islam.
5. Memiliki tata bahasa yang unik.
6. Bahasa penghuni surga.

Banyak yang mengira bahwasannya bahasa arab itu sulit, mereka tidak tau seberapa mulianya bahasa Arab itu terutama di zaman sekarang ini. Banyak kalangan mereka sedang berada didalam “kegelapan” karena berkurangnya ilmu agama ataupun karena kerancuan mereka dapatkan saat mempelajari agama islam yang mulia ini. Dalam Al-qur’an surah yusuf Allah telah berfirman yang artinya: “Sesungguhnya, Al-qur’an kami turunkan dengan bahasa arab agar kamu mengerti”.

BACA JUGA :  Haram Bagi Perempuan Untuk Merdeka

Banyak orang-orang tidak paham akan bahasa Arab sehingga orang itu terjerumus melakukan sesuatu yang bertentangan dengan agama, bahkan diluar nalar. Dengan begitu, dengan adanya bahasa Arab maka kita tidak akan terjerumus, bahkan dengan pemahaman yang benar kita bisa terjun dakwah kepada masyarakat untuk meluruskan kekeliruan mereka selama ini.

“Aku tinggalkan sesuatu bersama kalian, jika kamu berpegang teguh padanya, kalian tidak akan tersesat selama-lamanya yaitu kitabullah dan sunnahku” (HR. Imam Malik).

Bahasa Arab terbagi menjadi dua, yang pertama “Fushha” dan yang kedua “’Ammiyah”. Menurut Prof Dr Tamam Hasan menyatakan bahwa bahasa fushha bukanlah bahasa Arab yang semata-mata diambil atau berasal dari dialek Quraisy, tetapi ia merupakan bahasa umum yang diambil dari semua bahasa.

Bahasa Arab yang disebut-sebut sebagai bahasa yang memperoleh garansi dan “proteksi ilahi” menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam sejarah perkembangan dunia islam. Dari sekian banyak bahasa yang ada di dunia, bahasa Arab dianggap sebagai bahasa yang paling banyak menyandang atribut. Ia sering dinamai sebagai bahasa agama umat Islam, bahasa dhad (lughah ad-dhad) dan bahasa warisan sosial dan budaya (lughah at-turast).

BACA JUGA :  Eksistensi Bahasa Arab di Era Digital

Oleh karena itu, tepat pada tanggal 18 Desember 1973, bahasa Arab resmi terdaftar dan menjadi bahasa Internasional yang termasuk kedalam kesepakatan Unesco. Karena proses penetapan itulah bahasa Arab menjadi bahasa resmi dunia dan berada dalam urutan ke-6 dari 22 bahasa Negara diseluruh dunia. Sayangnya banyak yang masih mengira bahwa bahasa Arab merupakan bahasa yang sulit tentunya di masa sekarang.

Di kampus IAIN MADURA mahasiswa prodi lainnya juga mengira bahwa program studi pendidikan bahasa arab ini merupakan jurusan yang sangat sulit karena mereka tidak memahaminya bahwa bahasa Arab ini memiliki keistimewaan yang luar biasa, bahkan bahasa Arab ini merupakan bahasa Internasional.

Oleh: Insiyatul Jamilah, Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAIN MADURA