Pegiat Seni Kenalkan Eksotika Pantura Melalui Sanggar Teater

Avatar
Pegiat Seni Kenalkan Eksotika Pantura Melalui Sanggar Teater.

PAMEKASAN, (madurapost.co.id)- Pegiat seni mengenalkan budaya-budaya baru yang ada di pantai utara. Terutama dari eksotika alam dan kebudayaan pantura.

Kegiatan tersebut dikemas dalam acara festival budaya di Pantai Cemara Batukerbuy Kecamatan Pasean, Rabu (23/7/2019). Adapun promotor dari kegiatan tersebut digagas sanggar budaya Candra Siswa asal Desa Dempo Barat yang didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pameksan.

BACA JUGA :  Kasatpol PP Sumenep Warning Wartawan Dalam Menulis Berita Penyegelan Kafe di Sumenep

Kepala Desa Batukerbuy Indriyani mengatakan, kegiatan tersebut diikuti oleh berbagai komunitas atau lembaga sekolah yang ada di pantura. Seperti sanggar teater tegak, sanggar teater A, sanggar Ikro’ dan banyak sanggar lain yang ikut mengapresiasi.

“Banyaknya apresiasi ini merupakan suatu bentuk popularitas seni dan budaya yang ada di daerah Pamekasan secara umum dan Pantura secara khusus,” kata Indriyani.

BACA JUGA :  Oknum Polisi Diduga Lakukan Hubungan Sesama Jenis Heboh di Sosmed

Tujuan utama pergelaran eksotika maha karya pantura ini adalah untuk memperkenalkan budaya. Terutama pada kalangan pemuda. Karena selama ini masyarakat pantura masih menilai seni hanya sebatas alat penghibur.

Adapun jenis-jenis sajian pada pergelaran tersebut di antaranya, seni tari remo dan gelang ro’om, teater, monolog, pantomin, seni rupa, dan musikalisasi puisi.

“Saya sebagai ketua penyelenggara eksotika maha karya ini sangat senang dan antusiasme. Karena pecinta seni banyak sekali yang berdatangan untuk ikut serta menikmati. Begitupun para wisatawan ikut menikmati pertunjukan,” tambahnya.

BACA JUGA :  Rehabilitasi SDN Dempo Timur 2 Pamekasan Diduga Asal Jadi

Alasan lain pertunjukan itu digelar di salah satu pantai wisata yaitu lebih mudah menarik minat pemuda untuk hadir. Eksotika dan panorama pantai menjadi suntikan utama untuk penonton bisa antusias. (mp/red/rul)