Optimis Bangun Potensi Desa, BUMDes Tlontoraja Resmi Dilaunching

  • Bagikan
Pada saat penandatanganan MoU sekaligus prosesi peresmian Bumdes Cipta Sejahtera Desa Tlontoraja oleh Camat Pasean. (foto: MaduraPost/Mujahid Anshori)

PAMEKASAN, MaduraPost – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Cipta Sejahtera di Desa Tlontoraja, Kabupaten Pamekasan resmi di launching hari ini.

Launching dilakukan langsung oleh Camat Pasean Dwi Norkholis Ikhwan didampingi Kepala Desa Tlontoraja Syaiful Bahri bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Pamekasan Fathorrahman, M.Si Kamis (13/01/22).

Dalam mendirikan BUMDes tentunya memiliki tujuan untuk membantu kesejahteraan dan perekonomian bagi desa.

Di antaranya meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi desa.

BACA JUGA :  Fokus Penanggulangan Virus Corona, Bupati Sampang Hentikan Pengadaan Program Fisik

Pada kesempatan tersebut Kepala Desa Tlontoraja Syaiful Bahri menyampaikan, bahwa pertama yang harus dilihat bukan hanya sektor dan potensi yang ada di desa Tlontoraja.

Selain daripada itu bagaimana BUMDes sebagai penggerak perekonomian desa dapat merubah pola pikir masyarakat sehingga dapat bekerjasama agar bisa menjadi mitra terbaik bagi pertumbuhan perekonomian desa.

“Saya sangat bersyukur, desa Tlontoraja sangat berpotensi terutama disektor P3U yaitu Pertanian, Peternakan, Perikanan dan UMKM,” ujarnya.

Pendirian dan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa adalah perwujudan dari pengelolaan ekonomi produktif.

BACA JUGA :  Peduli Kaum Duafa, Slamet Ariyadi Kunjungi Rumah Warga di Bira Tengah Sampang

Oleh karena itu, perlu upaya serius untuk menjadikan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa dapat berjalan secara mandiri, efektif dan profesional.

Dalam sambutannya, Camat Pasean Norkholis Ikhwan menyampaikan, hari ini harus lebih baik dari hari kamarin, dan hari esok harus lebik dari hari ini.

Tentu harapannya pertumbuhan BUMDes ini harus menjadi pilar terdepan untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya sendiri.

Mudah-mudahan Launching BUMDes Cipta Sejahtera ini akan menjadi momentum kebangkitan perekonomian di desa.

Bunali selaku Direktur BUMDes Cipta Sejahtera menyampaikan beberapa hal terkait kerjasama yang telah dilakukan dengan pihak terkait diantaranya Samsat Kabupaten Pamekasan dan POS Indonesia Kabupaten Pamekasan.

BACA JUGA :  Jalan Kabupaten di Desa Gunung Maddah Jadi Sungai disaat Musim Hujan

“Kita sudah melakukan kerjasama dengan pihak Samsat dan Pos Indonesia Kabupaten Pamekasan. Khususnya di bidang pelayanan administrasi, pajak kendaraan bermotor (PKB) dan Pelayanan Jasa Pos,” kata dia.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala OPD, Unsur Forkopimcam, Kepala Pengelola Data Pelayanan Perpajakan Samsat Pamekasan, Eksekutif manajer Pos Indonesia Kabupaten Pamekasan, para tokoh masyarakat, serta seluruh pengurus remaja masjid (Remas) di Desa Tlontoraja yang turut berpartisipasi.

  • Bagikan