M. Syukri Resmi Dilantik Sebagai Wakil Ketua DPRD Sumenep

  • Bagikan
PENGAMBILAN SUMPAH: M. Syukri, saat diambil sumpahnya sebagai Wakil Ketua DPRD Sumenep. (Istimewa)

SUMENEP, MaduraPost – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang baru resmi dilantik.

Dia adalah M. Syukri dari fraksi Partai Pembangunan Persatuan (PPP). Syukri resmi dilantik dalam sidang paripurna Pergantian Antar Waktu (PAW), Selasa (28/12/2021) kemarin.

Dia merupakan Sekretaris PPP Sumenep dan anggota Komisi III DPRD Sumenep. Syukri dipilih untuk menggantikan Almarhum KH. Ahmad Salim yang meninggal dunia pada 13 Oktober 2021 lalu.

Pelantikan digelar dalam rapat Paripurna pengucapan sumpah dan janji PAW DPRD Kabupaten Sumenep masa jabatan 2019-2024.

Pelantikan itu dihelat di Gedung Dewan Sumenep yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Sumenep.

BACA JUGA :  Satu Hari Menjelang Idul Fitri, Pasien Positif Covid-19 di Sumenep Bertambah Satu Orang

Usai pelantikan, Syukri menyatakan siap untuk bersinergi dengan pimpinan DPRD Kabupaten Sumenep yang lain dan mengawal aspirasi masyarakat.

“Sesegera mungkin saya akan menjalankan amanah rakyat dengan penuh tanggung jawab, serta kami tidak lupa Alfatihah kepada teman seperjuangan kami Almarhum KH. Ahmad Salim,” kata Syukri, Rabu (29/12).

Disisi lain, Ketua DPRD Sumenep, Abdul Hamid Ali Munir menjelaskan, rapat paripurna itu dalam rangka pengucapan sumpah janji PAW Pimpinan DPRD Kabupaten Sumenep masa jabatan tahun 2019-2024, sudah sesuai ketentuan.

Berdasarkan ketentuan pasal 41 ayat (2) peraturan DPRD Kabupaten Sumenep, Nomor 1 Tahun 2020 tentang tata tertib DPRD, pergantian pimpinan DPRD dapat dilaksanakan apabila pimpinan DPRD berhenti dari jabatannya sebelum berakhir masa jabatannya karena meninggal dunia, mengundurkan diri, diberhentikan sebagai anggota DPRD dan diberhentikan sebagai pimpinan DPRD.

BACA JUGA :  7 Kecamatan di Sumenep Ajukan Droping Air Bersih

Pergantian pimpinan DPRD telah diumumkan dalam rapat paripurna tanggal 1 Desember 2021, berdasarkan surat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Kabupaten Sumenep, tanggal 22 November 2021, nomor: 325/ex/dpc/xi/2021 perihal permohonan pergantian Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumenep.

Selanjutnya berdasarkan ketentuan pasal 43 dan pasal 44 peraturan DPRD Nomor 1 Tahun 2020 tentang tata tertib DPRD, Pimpinan DPRD telah mengusulkan peresmian pemberhentian dan pengangkatan Pengganti Antar Waktu (PAW) Pimpinan DPRD kepada Gubernur Jawa Timur, sehingga tahapan berikutnya dari proses pergantian pimpinan DPRD sesuai agenda kegiatan yang telah ditetapkan oleh Badan Musyawarah yaitu pengucapan sumpah janji pengganti antar waktu pimpinan DPRD dalam rapat paripurna.

BACA JUGA :  Jet Pompa Air di Desa Sana Tengah Minim Manfaat

”Alhamdulillah hari ini rapat paripurna untuk pengucapan sumpah dan janji Pimpinan DPRD Kabupaten Sumenep yang baru melalui mekanisme pergantian antar waktu yakni, Syukri, berjalan dengan lancar,” kata Hamid.

Dia mengatakan, setelah pengucapan sumpah jabatan, diharapkan Syukri dapat segera beradaptasi dengan lingkungan tugas kerja yang baru sebagai amanah rakyat.

Dalam Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah dan Janji PAW DPRD Kabupaten Sumenep masa jabatan 2019-2024 dihadiri oleh Wakil Bupati Sumenep Nyai Hj. Dewi Khalifah, serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat.

  • Bagikan