LSM Lira Minta MPP Bangkalan Dibubarkan

  • Bagikan

BANGKALAN, MaduraPost – Mall Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, dinilai tidak maksimal. Padahal Mall tersebut sudah berjalan selama triwulan pertama, yakni mulai September hingga November.

Hal ini diketahui oleh DPD LSM Lira setelah melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di MPP masih banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tidak ngantor.

Padahal, sudah masuk jam kerja namun, seperti yang diketahui sekitar 7 OPD yang tidak ada.

“Maka kedatangan kami ke Kantor Dewan ini untuk meminta kometmen dari OPD yang berkaitan, kedepannya bagaimana,” ujar Mahmudi Ibnu Khotib Bupati DPD Lira Kabupaten Bangkalan, usai audiensi bersama sejumlah OPD serta Dewan di Ruang Banggar DPRD Bangkalan, Rabu, (08/12/2020).

BACA JUGA :  PMII Geruduk Disdik Bangkalan Minta Pengelolaan Pendidikan Ditingkatkan

Pihaknya meminta sejumlah OPD tersebut untuk berkomitmen, apakah MPP ini mau dilanjut atau tidak. Sebab, dia merasa geram karena saat ia sidak hanya sedikit yang aktif di MPP.

“Lebih baik dibubarkan saja MPP ini kalau memang tidak ada iktikat baik dari OPD yang ada disana kedepannya,” tegasnya.

Hal itu juga menegaskan bahwa ini sangat merugikan masyarakat jika OPD yang ada disana tidak siap dalam mengisi pelayanan di MPP lebih baik Kepala Dinas yang berkaitan mundur saja dari jabatannya.

BACA JUGA :  Seorang Kakek berusia 76 tahun di temukan Kritis di perairan pantai Desa Tanjung Sumenep

“Apa fungsi MPP yang sudah jalan tapi masih saja ada OPD yang tidak ngantor,” tegas dia.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bangkalan Ainul Gufron menyampaikan, MPP masih seumur jagung jadi masih perlu banyak perbaikan-perbaikan.

“Hal ini kami rasakan bahwa peristiwa ini adalah sebagai cambuk bagi kami sebagai leding sektor dari adanya MPP, bagaimana untuk memperbaiki MPP kedepan,” Ujarnya.

Sedangkan untuk ASN yang tidak disiplin, Ainul mengaku itu bukan kewenangannya untuk menindak, melainkan hal itu menjadi tugasnya Inspektorat.

BACA JUGA :  Nelayan Asal Lamongan Bikin Ulah di Perairan Arosbaya, Pokmawas Geruduk Dinas Perikanan Bangkalan

“Kebetulan tadi Inspektorat hadir, dan Inspektorat katanya siap untuk menindak,” tegas dia.

Perihal adanya tuntutan untuk menutup MPP, ia pun tidak menyepakati itu. Sebab, adanya MPP tersebut atas dasar gagasan dari Bupati Bangkalan.

Lanjut Ainul sapaan akrabnya, lebih baik di evaluasi saja dulu, apa yang kurang dari MPP agar di perbaiki bersama-sama. “Karena, marwahnya Bangkalan itu bergantung pelayanan publiknya, dari itu nanti bisa menarik investor masuk ke Bangkalan,” Jelasnya.

“Adapun kekurangan tadi yang disampaikan oleh Lira itu menjadi bahan koreksi bagi kami, semoga nanti kedepan bisa lebih baik,” tutupnya. (Mp/Ady) 

  • Bagikan