SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Politik

Local Wisdom Sumenep, Program Unggulan Paslon 01 Sebagai Target Visit Madura

Avatar
×

Local Wisdom Sumenep, Program Unggulan Paslon 01 Sebagai Target Visit Madura

Sebarkan artikel ini

SUMENEP, MaduraPost – Demi meningkatkan dan mengembangkan sektor ekonomi di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 01, Achmad Fauzi – Nyai Hj. Dewi Khalifah (Fauzi – Nyai Eva) miliki program unggulan.

Salah satu program unggulan itu, yakni mewujudkan kawasan wisata Madura (Visit Madura) dan pengembangan ekonomi kreatif. Mengingat, banyaknya potensi pariwisata di Sumenep yang perlu terus dimaksimalkan.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Dari sinilah, dampak dan penguatan sektor ekonomi masyarakat akan tumbuh. Disamping itu, pengelolaan potensi wisata di Kabupaten paling timur Pulau Madura tersebut tidak boleh sampai teracak-acak atau merawak rambang.

Baca Juga :  Ikut Gerakan Haji Her, Para Petani Tembakau di Madura Dukung Prabowo Gibran

“Artinya tidak boleh sampai mencerabut nilai-nilai kearifan lokal (local wisdom). Dengan pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang sebaik-baiknya, diharapkan ke depan mampu menarik wisatawan dalam maupun luar negeri untuk berkunjung ke Sumenep,” ucap Cabup Sumenep, Achmad Fauzi, Kamis (26/11).

Menurutnya, salah satu upaya yang akan dilakukan adalah memaksimalkan potensi wisata Sumenep ke depan, di antaranya :

Baca Juga :  ONANI POLITIK, PILKADA ANTARA PESTA, SYUKURAN dan KIBUL-KIBUL

1. Mengintegrasikan kawasan pariwisata di Madura.

2. Meningkatkan sarana dan prasarana destinasi pariwisata

3. Serta meningkatkan kapasitas para pengelola wisata.

“Selanjutnya ialah perlu ada penguatan jaringan, baik di dalam maupun luar negeri, untuk pengembangan wisata di Sumenep, dan sistem perijinan terpadu pengembangan wisata,” kata politisi PDI Perjuangan itu.

Disamping itu, pengembangan ekonomi kreatif akan dikembangan secara maksimal, meliputi industri kecil, kerajinan rumah tangga, inovasi hasil pertanian dan kelautan.

Fauzi mengaku, jika bisa memaksimalkan wisata kuliner di Sumenep melaui PKL (pedagang kaki lima) dan mendorong wisata berbasis komunitas melalui program pengelola destinasi pariwisata oleh badan usaha milik daerah (Bumdes), swasta, atau bisa juga kelompok masyarakat.

Baca Juga :  DPC-PKB Sumenep Intruksikan Anggota DPRD FKPB di Reses Tahap 3 Undang Fattah Jasin Sebagai Narasumber

“Kemudian juga peningkatan event skala nasional dan internasional melalui penampilan potensi seni budaya lokal yang ditunjang dengan promosi yang kuat dengan melibatkan travel agent dan stakeholders lainnya,” papar Cabup yang didukung banyak kiai kharismatik ini. (Mp/al/)¬†

Has tag : Cabup Fauzi, Pilbup, Program achmad fauzi, Pilkada 2020, Kearifan lokal,

Baca berita lainya di Google News atau gabung grup WhatsApp sekarang juga!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertnative. Redaksi Madura Post tidak terlibat dalam materi konten ini.