Lapas Kelas II A Kabupaten Pamekasan Adakan Open House

Avatar
Lapas Kelas II A Kabupaten Pamekasan Adakan Open House. (Foto: Efita/Biro pamekasan)

PAMEKASAN, madurapost.co.id  Meski berada di balik jeruji besi, warga binaan Lapas Kelas II A Pamekasan masih bisa merasakan hari raya idul fitri bersama keluarga tercinta.
Rasa terima kasihpun terucap oleh salah satu keluarga dari warga binaan di Lapas. Hal ini sejak dibukanya open house di Lapas pada Jumat lalu.
“Kami ucapkan terimakasih kepada pihak Lapas, yang sudah memberikan kesempatan kepada kami untuk merayakan lebaran bersama keluarga kami yang berada di dalam Lapas,” ungkap Budi, salahsatu keluarga binaan Lapas Kelas II A Kabupaten Pamekasan.
Tentu hal itu membuat budi dan dua orang anaknya merasa bahagia, karena di momen seperti ini dia dan dua orang anaknya masih bisa merasakan lebaran dengan keluarga yang utuh.
Meskipun suaminya saat ini berstatus warga binaan pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Pamekasan.
Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIA Pamekasan M. Hanafi mengatakan, bahwa kegiatan open house bersama keluarga ini dilakukan selama empat hari. Sejak lebaran pertama yang jatuh pada rabu hingga sabtu.
Binaan Lapas Kelas II A Pamekasan dikunjungi keluarganya. 
“Hal ini sudah menjadi agenda rutin ya, tahun lalu juga kita mengadakan acara yang sama. Yakni memberi kesempatan kepada kelurga untuk mengunjungi keluarganya yang berada di Lapas kita,” ungkap M. Hanafi. Rabu, (5/6/19).
Menurutnya, sinergi adalah apa yang terjadi ketika satu tambah satu sama dengan sepuluh atau seratus atau bahkan seribu.
“Itu adalah sebuah hasil yang baik ketika dua manusia terhormat atau lebih melewati prasangka mereka untuk menghadapi sebuah tantangan yang besar,” paparnya.
Ia melanjutkan, memanusiakan manusia walaupun didalam Lapas Kelas IIA Pamekasan merupakan upaya untuk membuat manusia menjadi berbudaya atau berakal budi.
“Sesama manusia saling menghargai, menghormati, dan tidak selalu mengadili dengan penilaian negatif. Konteks memanusiakan manusia berpegang pada nilai keadilan, kesetaraan, serta nilai persaudaraan termasuk di dalam Lapas Kelas IIA Pamekasan,” tutupnya. (mp/efi/zul)