SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
DaerahHeadlineHukum & Kriminal

Kasatreskrim Polres Sumenep Dipindah, Ada Apa ?

Avatar
×

Kasatreskrim Polres Sumenep Dipindah, Ada Apa ?

Sebarkan artikel ini

SUMENEP, MaduraPost – Santer kabar bahwa Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resort (Polres) Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim), akan dipindah, membuat Wakil Kepala Bidang (Wakabid) Hukum dan Ham Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) DPD KNPI Jatim angkat bicara.

Pasalnya, Kasatreskrim Polres Sumenep, AKP. Oscar Stefanus Setjo, masih seumur jagung di Sumenep, dan sudah akan dirotasi dari jabatannya tersebut.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Selain itu, masih banyak kasus yang berhasil diungkap oleh mantan Panit II Unit III Subdit V Ditreskrimsus Polda Jatim tersebut. Salah satunya seperti pembunuhan, judi online, pencurian dan cabul.

Sebab itu, Noer Faisal, Wakabid Hukum dan Ham DPD KNPI mengungkapkan, bahwa Polres Sumenep seyogyanya mempertahankan sumber daya manusia yang memiliki dedikasi tinggi pada bangsa dan negara.

Baca Juga :  Kapolsek Ketapang Berikan Ucapkan Selamat dan Sukses Atas Dilantiknya Delapan Kades Terpilih Untuk Wilayah Kecamatan Ketapang

Apalagi, kata dia, kinerja Oscar dalam pengungkapan kasus besar seperti mafia beras oplosan untuk program sembako di Sumenep dinilai begitu luar biasa.

“Sebenarnya rotasi jabatan itu hal biasa. Tapi yang tidak biasa menurutnya adalah jika seorang penegak hukum yang memiliki kinerja baik tidak tebang pilih dalam penegakan hukum tiba-tiba dirotasi atau dipindahkan. Padahal Oscar baru 3 bulan menjabat sebagai Kasatreskrim Polres Sumenep,” ungkapnya, saat dikonfirmasi melalui sambungan selularnya, Sabtu (16/5).

Menurutnya, Oscar mampu memberikan rasa keadilan bagi masyarakat miskin di Sumenep yang merasa hak-haknya terlindungi oleh penegak hukum.

Baca Juga :  Viral, Seoarang Istri di Sumenep Gerebek Suami di Kost Dengan Perempuan Lain

“Terlalu singkat bagi seorang Perwira Polri yang memiliki kinerja baik dan berbasis pengabdian pada bangsa dan negara. Tetapi, jika nanti rotasi benar-benar terjadi, maka yang pasti rakyat miskin di Sumenep kehilangan pelindungnya. Padahal tidak menutup kemungkinan dalam kasus tersebut masih ada pihak lain yang belum tersentuh,” ujar dia.

Pihaknya juga merasa sedikit kecewa dengan kebijakan Polda Jatim, terkait dirotasi atau dipindahnya Kasatreskrim Polres Sumenep itu.

“Dari itu, kami menduga ada konspirasi. Kami akan berkordinasi dengan Kompolnas RI. Sebelum ini terjadi, kami minta Polda evaluasi kembali lah berkaitan dengan ini,” papar pria yang juga menjabat sebagai Sekjend Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Advokasi Nasional Indonesia (DPP GANI) ini.

Baca Juga :  Lapas Kelas III-B Kangean Sumenep Diusulkan Jadi Super Maksimum Security

Sebelumnya, Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP. Widiarti, membenarkan jika Kasatreskrim Polres Sumenep yang kerap dinekal dengan ketegasan dan kegigihannya dalam mengungkap kasus kecil hingga besar akan segera dirotasi.

“Benar, beliau akan digeser ke Polda Jatim. Disini hanya 3 bulan,” ungkapnya, Sabtu (16/05/2020).

Ditanya soal pengganti Oscar, pihaknya menjelaskan bahwa akan ada dari Akpol angkatan 2008.

“Akpol juga angkatan 2008, AKP Dhany Rahadian Basuki, S.Kom. Pindahan dari Bareskrim Polri,” bebernya. (Mp/al/kk)

Baca berita lainya di Google News atau gabung grup WhatsApp sekarang juga!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertnative. Redaksi Madura Post tidak terlibat dalam materi konten ini.