Jalin Matra Diharapkan Perkecil Angka Kemiskinan

Avatar
Bupati Bangkalan R.Abdul Latif Amin Imron Membuka acara Sosialisasi Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera, di Balai Diklat Bangkalan



BANGKALAN, Madurapost.co.id– Bupati Bangkalan R.Abdul Latif Amin Imron Membuka acara Sosialisasi Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera, di Balai Diklat Bangkalan, Rabu 26 Juni 2019. Dalam sambutannya mengatakan Program Jalin Matra yang dilaksanakan di Bangkalan sejak tahun 2015 sejalan dengan arah pembangunan Pemerintah Kabupaten Bangkalan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pengentasan kemiskinan.

BACA JUGA :  Ketika KH. Ali Salim Dihadang Masuk Pendopo Untuk Menemui Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam

“Pada tahun 2015 angka kemiskinan di Kabupaten Bangkalan menyentuh angka 22,57 persen, melalui program Jalin Matra dan Program pembangunan Pemerintah Kabupaten Bangkalan angka kemiskinan Bangkalan dari tahun ketahun terus mengalami penurunan, pada tahun 2018 ini angka kemiskinan Bangkalan turun menjadi 19,59 persen,” ucapnya.

Maka Dari itu, Pihaknya berharap agar para peserta sosialisasi Jalin Matra mengikuti pemaparan materi dengan sungguh-sungguh. “Jalankan program ini dengan cermat, dan sesuai dengan anturan,” Harapnya

BACA JUGA :  Demi Memutus Penularan Virus Corona, MCI Pamekasan Bagi-bagi Masker dan Nasi Bungkus Gratis

Sementara itu menurut Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangkalan Saksono Farmanto mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi Jalin Matra tahun 2019 Kabupaten Bangkalan ditujukan untuk media penyebaran informasi terkait program Jalin Matra, selain itu juga diharapakan mampu memberikan penjelasan tentang mekanisme teknis pelaksanaan program Jalin Matra.

Lebih jauh Saksono menjelaskan, program jalin matra merupakan upaya pemerintah dalam mempercepat pengentasan kemiskinan. Terdapat dua program yang dilaksanakan yakni program BTRSM (Bantuan Rumah Tangga Sangat Miskin) dengan sasaran 79 Rumah Tangga Sangat Miskin di tiga lokasi yakni, Desa Kamal, Desa Tanjung Jati dan Desa Tajungan Kecamatan Kamal.

BACA JUGA :  STPI Bersama PT. Garam (Persero) dan Baznas Serahkan Bantuan APD TBC ke Dinkes Sumenep

“Untuk program yang kedua yakni, Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan dengan sasaran 763 kepala rumah tangga perempuan di 20 puluh desa di 3 kecamatan, yakni Kecamatan Burneh, Kecamatn Tanah Merah dan Kecamatan Tanjung Bumi,”Jelas Saksono.(mp/zan/rul)