Ini Teknis Program BSPS Sebelum Dinas PRKP Sumenep Raih Penghargaan

  • Bagikan
KANTOR: Dinas PRKP dan Cipta Karya Sumenep yang terletak pada kawasan lingkungan layanan satu pintu Pemkab setempat. (MaduraPost/M. Hendra E)

SUMENEP, MaduraPost – Kepala Bidang (Kabid) Perumahan Rakyat dan Permukiman Dinas PRKP dan Cipta Karya Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menyebutkan, pelaksanaan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) terletak di lokasi-lokasi prioritas.

Tercatat, jumlah penerima program BSPS tahun 2021 ini sebanyak 343 penerima. Kabid Perumahan Rakyat dan Permukiman Dinas PRKP dan Cipta Karya, Beny Irawan menjelaskan, dalam upaya penanganan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Sumenep, telah dilakukan kolaborasi intervensi juga melalui BSPS kepada 290 penerima bantuan.

BACA JUGA :  Untuk Menumbuhkan Nilai-nilai Nasionalisme, Komunitas Watowwah Ajem Gelar Lomba Agustusan 

Secara teknis, Beny menerangkan, penyaluran program BSPS masing-masing unit sebesar Rp 20.000.000,- berupa uang yang disalurkan ke rekening penerima bantuan untuk pembelian bahan bangunan dan membayar upah kerja.

Dari sekian unit rumah yang telah dibangun melalui BSPS, terdapat rumah yang mendapat penghargaan sebagai desain terbaik satu dalam program BSPS Provinsi Jawa Timur di tahun 2021, karena dapat mewujudkan rumah yang layak huni.

BACA JUGA :  Sowan ke Ponpes Sidogiri, Cabup Fauzi Dapat Serban dan Ijazah Doa dari Para Kiai

Penghargaan itu diraih melalui penilaian keselamatan bangunan yang meliputi komponen struktur bangunan seperti pondasi, sloof, kolom atau tiang, ring balok, kerangka atap.

Penilaian lainnya yaitu kualitas bahan penutup atap, lantai, dinding yang meliputi penilaian kecukupan minimum luas bangunan, penilaian akses sanitasi dan penilaian akses air minum.

“Selain itu, penilaian kualitas rumah juga dilakukan untuk menilai kualitas pencahayaan dan penghawaan sebagai syarat kesehatan. Rumah tersebut adalah milik Hayat Riyadi di Desa Belluk Kenik, Kecamatan Ambunten,” kata Beny, Sabtu (25/12).

BACA JUGA :  10 SD di Sumenep Terakreditasi, Kabid Pembinaan SD : Tahun 2021 Akan Ada Tambahan Kuota

Hal ini kemudian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, meraih penghargaan melalui
Dinas PRKP dan Cipta Karya Sumenep.

Dinas ini berhasil meraih desain terbaik satu pada program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Provinsi Jawa Timur tahun anggaran 2021.

  • Bagikan