SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Pariwisata

Ide Visioner Owner Pantai Lon Malang Sampang Menjadikan Tempat Wisata yang Menakjubkan

Avatar
×

Ide Visioner Owner Pantai Lon Malang Sampang Menjadikan Tempat Wisata yang Menakjubkan

Sebarkan artikel ini
Hamparan pasir putih dan spot foto yang menambah kesan eksotis wisata di Pantai Lon Malang (Foto: Imron Muslim/MaduraPost).

SAMPANG, MaduraPost – Siapa yang tidak kenal wisata Pantai Lon Malang saat ini? Pantai yang berada di Kabupaten Sampang tepatnya di Desa Bira Tengah Kecamatan Sokobanah tersebut kini menjadi ikon baru wisata di Kota Bahari Sampang.

Dengan panorama sunsetnya (matahari tenggelam) pada sore hari, pantai Lon Malang kini diburu oleh para traveler dari penjuru daerah. Tak hanya dari Indonesia, wisatawan asing juga sering mengunjungi pantai tersebut. Tidak hanya keindahan sunsetnya, Lon Malang juga menawarkan hamparan pasir putih luas yang bisa dijadikan bermain oleh anak-anak dan remaja.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bagi para pengunjung pantai, aneka kuliner khas  juga banyak tersedia di kawasan pantai.

Awal Muasal Pantai Lon Malang

Pantai Lon Malang dibangun pada tahun 2017 sejak Kepala Desa Martuli menjabat pada tahun 2016. Sebelumnya pantai ini hanyalah pantai biasa yang tidak ada kegiatan didalamnya. Berkat ide cemerlang dari Mastuki (adik dari kepala desa) yang sekarang menjadi ownernya, pantai yang awalnya hanya biasa disulap menjadi tempat wisata yang keren dan menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Kepada media ini Mastuki menceritkan hambatan untuk membangun desanya dari sektor wisata tersebut. Mulai dari penolakan hingga intimidasi.

Baca Juga :  Menjelajahi Pesona Pulau Mandangin Sampang: Surga Tersembunyi di Selat Madura

“Awalnya banyak yang nolak untuk dijadikan tempat wisata, iya kami tidak tau alasan pastinya tapi berkat komunikasi yang baik terhadap semua tokoh masyarakat, ulama dan forkopimcam akhirnya banyak yang setuju,” kata Mastuki kepada media ini, Selasa (02/05/2023).

Menurutnya apa yang pihaknya lakukan untuk membangun wisata Pantai Lon Malang tersebut semata hanya ingin mengabdikan dirinya untuk tanah kelahirannya. Bahkan dia menegaskan tidak mempunya kepentingan apapun dalam mengelola pantai Lon Malang.

Baca Juga :  Pengelola Wisata Lon Malang Sampang Imbau Bagi Wisatawan yang Ingin Berkunjung Harus Patuhi Prokes

“Kami hanya ingin membangun desa, dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” tambahnya.

Bak gayung bersambut, kini wisata Pantai Lon Malang sudah terkenal diman-mana. Berkat kegigihan Mastuki, Pantai Lon Malang sering mengikuti event besar nasional. Tak hanya itu, berkat adanya Pantai Lon Malang bisa mendongkrak perekonomian warga sekitar.

“Alhamdulillah sekarang disini (Lon Malang) bisa membuka  lowongan kerja baru dan warga sekitar yang jualan banyak yang beli. Mulai sari warung makan atau warung kelontong,” tambahnya.

Tuki sapaan akrab owner Lon Malang juga mengatakan, sebagai pengelola wisata banyak pro kontra yang diterima.

“Banyak yang tidak suka bagi kami tidak masalah, yang penting kami bekerja dan melayani pengunjung dengan baik. Karena prinsipnya kenyamanan pengunjung adalah prioritas kami,” tukasnya.

Bagaimana pendapat masyarakat Sampang tentang wisata pantai Lon Malang.

Baca Juga :  Ratusan Pelamar CPNS di Sampang Tak Lolos Administrasi

Faris Reza Malik Warga Banyuates Kabupaten Sampang mengapresiasi gagasan yang dilakukan oleh pengelola wisata Lon Malang. Menurut Faris, butuh ide gagasan yang cemerlang untuk membangun dan mengelola wisata.

“Saya secara pribadi sangat bangga terhadap Lon Malang. Saya rasa ownernya memiliki kualitas tata kelola yang baik dalam mengelola wisata,” kata Faris.

Faris juga merasa bangga atas adanya wisata Lon Malang meski tidak berada di daerahnya (Banyuates). Menurutnya dengan beberapa spot wahana yang berada di Lon Malang, masyarakat tidak perlu jauh-jauh mencari tempat wisata bareng keluarga.

“Disini (Lon Malang) spotnya ada banana boot, ada kuda dan semacamnya. Jadi tidak perlu jauh-jauh kalau hanya ingin berlibur. Spot foto bagi kaula muda juga banyak di Lon Malang,” pungkasnya.

Baca berita lainya di Google News atau gabung grup WhatsApp sekarang juga!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertnative. Redaksi Madura Post tidak terlibat dalam materi konten ini.