Hujan Picu Jalan di Sampang Rusak, Ancam Keselamatan Pengendara 

  • Bagikan

SAMPANG, MaduraPost – Dalam beberapa hari, hujan terus mengguyur di Kabupaten Sampang, Jawa Timur. Akibatnya tidak sedikit ruas jalan yang rusak. Seperti di Jalan Rajawali tepatnya di depan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sampang.

Pasalnya, jalan berlubang dengan kedalaman yang bervariasi tersebut, terancam membahayakan kendaraan. Bahkan tidak sedikit kendaraan kadang mengerem mendadak untuk menghindari kecelakaan atau tergelincir.

Salah satu warga Sampang Wahyudin (54) mengatakan, bahwa kerusakan aspal juga terjadi di Jalan Nasional. Seperti di badan jalan di ruas jalan nasional Sumenep – Bangkalan, di wilayah Kabupaten Sampang.

BACA JUGA :  Pencairan Bantuan Sosial Lambat, Begini Penjelasan Dinas Sosial Bangkalan

Terlihat dalam sorotan media, di ruas jalan Kecamatan Camplong, Torjun dan Jrengik, ditemukan banyak yang berlubang dengan rata-rata ukuran lebih besar dan kedalaman antara 5-10 centimeter.

“Tidak semuanya, tapi di beberapa titik saja kami ketahui badan jalannya berlubang. Juga aspalnya mengelupas. Biar tidak semakin parah, instansi terkait sebisa mungkin segera memperbaikinya. Minimal di tambal,” katanya, Selasa (15/12/2020).

Pihaknya, mengaku merasa terganggu dengan keberadaan lubang-lubang di jalan tersebut. Apalagi, saat hujan turun, jalan yang berlubang tak terlihat sehingga dapat mengancam keselamatan khususnya bagi para pengendara motor.

BACA JUGA :  Dua Kali Mangkir Dari Proses Penyidikan, Warga Minta Kejari Jemput Paksa Kades Bira Barat

“Kerusakan jalan tersebut, bukan semata-mata akibat diterjang banjir. Melainkan intensitas hujan yang mengguyur Sampang belakangan ini membuat sejumlah jalan mengalami kerusakan,” kata Wahyudin.

Menanggapi hal itu, Penilik Jalan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Jawa Timur-Bali, Nanang Adi Purnomo mengatakan, perbaikan jalan berlubang diakuinya lantaran banyak kerusakan seiring dengan adanya genangan air yang terjadi disejumlah titik.

“Kami lagi ada di Bangkalan terkait masalah jalan berlubang juga. Saran saya, sampeyan foto dan kirimkan pada kami biar segera kami laporkan ke pimpinan,” kata Nanang dihubungi via telepon selulernya.

BACA JUGA :  Miskun Legiyono Resmi Menjabat Sebagai Ketua AKD Sumenep

Menurutnya, pihak kontraktor telah menurunkan personil di titik ruas jalan yang berlubang untuk dilakukan perbaikan. Ia pun berharap perbaikan dapat selesai dengan batas waktu yang telah ditargetkan.

“Perbaikan ini dimulai dari arah Bangkalan. Kami akan terus mendesak pihak kontraktor agar segera melakukan perbaikan dan bisa selesai sebelum Hari Natal nanti,” pungkas Nanang. (Mp/man/rus) 

  • Bagikan