Gebyar Vaksinasi Massal, Pemdes Pandian Gencar Lakukan Edukasi Pada Warga

  • Bagikan

SUMENEP, MaduraPost – Pemerintah Desa (Pemdes) Pandian, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sukseskan gebyar vaksinasi. Vaksinasi sendiri digelar di Balai Desa Pandian, Rabu (13/10/2021) pagi.

“Program vaksinasi di Desa Pandian alhamdulillah dari jadwal pertama kali tanggal 7 Oktober 2021 berjalan lancar dan antusias masyarakat tinggi,” ungkap Moh. Budiyanto pada MaduraPost di Balai Desa setempat, Rabu (13/10).

Pria yang akrab disapa Totok ini menyatakan, jika setiap harinya vaksinasi ditargetkan mencapai 200 warga terselesaikan.

“Kemarin itu sampai ada sebagian warga ada yang kebagian vaksin. Nah, untuk vaksinasi kedua ini alhamdulillah juga antusias warga masih tinggi. Dari daftar yang masuk ini mungkin bisa tembus seperti yang kemarin, yakni 300 vaksin,” ujarnya.

BACA JUGA :  Cegah Kerumunan, Pasar Hewan Batu Lenger Sampang Ditutup Sementara

Diketahui, Desa Pandian sendiri memiliki tiga Dusun dengan umlah penduduk 4.640 jiwa. Sasaran vaksinasinya berjumlah 3.248 jiwa. Dia menyebut, capaian vaksinasi hingga hari ini sampai tembus 50 persen.

“Yang melakukan vaksin ini juga ada dari luar Desa Pandian, tapi sangat minim. Mayoritas adalah masyarakat Desa Pandian,” tuturnya.

Disamping itu, setiap jadwal pelaksanaan vaksinasi di Desa Pandian adalah dosis pertama dan kedua. Totok mengatakan, banyak warganya yang datang untuk melakukan vaksin tahap pertama maupun kedua.

BACA JUGA :  Vaksinasi Untuk Forkopimda Bangkalan Ditunda Karena Vaksin Belum Tersedia

“Berkat kerjasama aparatur desa hingga tingkat RT dan RW melakukan edukasi sosialisasi kepada warga penting dan manfaat vaksin sudah dilakukan. Masyarakat banyak yang sudah sadar juga, makanya antusiasmenya tinggi,” jelasnnya.

“Harapan kami untuk masyarakat Desa Pandian semua, yang sudah wajib vaksin harus segera cepat divaksin. Karena vaksin itu sehat, halal dan berkualitas,” sambungnya.

BACA JUGA :  AMB Foundation Salurkan Air Bersih di Pancor Ketapang Sampang

Ditanya soal warga mendapatkan sembako usai divaksin, pihaknya menegaskan, jika bantuan sembako tersebut diberikan demi meningkatkan antusiasme untuk melakukan vaksin.

“Ini adalah bentuk apresiasi terhadap warga kami, karena mampu kami hanya sebatas bantuan itu,”tandasnya.

Selain itu pihaknya merasa tidak memiliki kendala untuk mengajak warganya selesai divaksin. Sebab banyak warganya yang mayoritas paham tentang pentingnya vaksinasi ini.

“Kami kan berada di wilayah Kota, jadi tidak sulit untuk memberikan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat sehingga mereka sadar dengan sendirinya,” tukasnya.

  • Bagikan