Enam Poin Deklarasi Damai Pilkades Sumenep, Bupati Minta Panitia Bekerja Profesional

  • Bagikan
DEKLARASI DAMAI: Penandatanganan Deklarasi Damai Pilkades serentak tahun 2021 Kabupaten Sumenep berjalan kondusif. (Istimewa)

SUMENEP, MaduraPost – Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, gelar Deklarasi Damai. Kamis, 18 November 2021 pagi.

Deklarasi Damai tersebut berlangsung di Aula Lantai II Pemkab setempat. Adanya Deklarasi Damai jelang Pilkades serentak, guna mewujudkan situasi kondusif saat pra Pilkades digelar nanti.

Giat itu diawali dengan pembacaan teks pernyataan Deklarasi Damai Pilkades serentak tahun 2021. Dilanjutkan dengan tanda tangan secara bergiliran di depan papan deklarasi.

Hadir pada kesempatan itu Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, berikut jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat.

Tak lupa, Calon Kepala Desa (Cakades), Panitia Pilkades, dan pemerintah di tingkat kecamatan setempat ikut ambil bagian secara virtual.

BACA JUGA :  Pamit Menjaring Ikan, Warga Pamekasan Sempat Hilang dan Ditemukan Tewas di Sumenep

pada kesempatan itu, Bupati Fauzi mengimbau, kepada seluruh Cakades agar bersaing secara sehat, untuk mewujudkan pemilihan yang jujur dan damai.

“Mari tanamkan jiwa sportivitas, sehingga Pilkades berjalan aman, tertib, dan lancar,” pesan dia dalam sambutannya, Kamis (18/11).

Menurut orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sumenep ini, Deklarasi Damai bukan sebatas acara seremonial, tetapi untuk menunjukkan komitmen para calon dan seluruh pihak yang terlibat.

“Keberhasilan penyelenggaraan Pilkades sangat ditentukan kerja sama dan koordinasi seluruh pihak, baik Cakades, panitia, dan petugas keamanan. Mari jaga pelaksanaan pilkades yang baik sesuai aturan yang ada,” pintanya.

Dia menuturkan, agar panitia Pilkades bisa bekerja secara profesional dalam menyelenggarakan pesta demokrasi di tingkat desa ini.

BACA JUGA :  Para Pejabat Sumenep Jalan-jalan ke Malang, Ngapain Aja?

“Panitia jangan toleh kanan dan kiri. Artinya bekerja untuk warga desa, bukan untuk salah satu calon. Harus amanah dan taat terhadap aturan,” tegasnya.

Untuk diketahui, Pilkades serentak dijadwalkan akan berlangsung pada 25 November 2021 mendatang. Sebanyak 28
desa di 27 Kecamatan akan melangsungkan Pilkades, dengan jumlah total Cakades 251 orang.

Berikut beberapa poin Deklarasi Damai Pilkades serentak tahun 2021 di Kabupaten Sumenep:

  1. Kami para Cakades peserta Pilkades serentak tahun 2021 sepakat bersama-sama akan mematuhi dan melaksanakan setiap tahapan Pilkades secara damai, sopan, bermartabat dan penuh tanggung jawab demi terselenggaranya Pilkades serentak tahun 2021 secara demokratis yang lebih baik bagi masyarakat.

  2. Kami para Cakades akan mematuhi dan melaksanakan terhadap segala peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta mengedepankan etika dan moralitas selama pelaksanaan pilkades serentak tahun 2021.

  3. Kami para Cakades sepakat untuk menciptakan situasi yang kondusif selama dalam pelaksanaan Pilkades serentak 2021.

  4. Kami para Cakades tidak akan melakukan pelanggaran hukum baik pidana maupun perdata dan akan mematuhi ketentuan protokol kesehatan dalam tahapan Pilkades lainnya.

  5. Para Cakades dan para pendukung tidak akan berbuat anarkis dan senantiasa menjaga kondusifitas selama pelaksanaan Pilkades serentak 2021.

  6. Kami para Cakades bertekad untuk siap menang dan siap kalah dalam Pilkades serentak tahun 2021.

  • Bagikan