Dorong Semangat Literasi, Wali Kota Eri Giatkan Dongeng di Surabaya

  • Bagikan
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Bunda PAUD Rini Indriyani Mendongeng dengan Salah Satu Anak. (Foto: Instagram @ericahyadi_)

SURABAYA, MaduraPost – Kemajuan Kota Surabaya menjadi percontohan pembangunan daerah-daerah lain di Indonesia, terutama di Jawa Timur. Menurut data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur pada 15 Desember 2020, Surabaya menduduki peringkat pertama terkait Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan capaian 82,23 persen.

Dengan itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus melakukan upaya agar IPM terus tumbuh dan semakin meningkat. Dalam hal ini, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menggiatkan kegiatan mendongeng di Balai RW, agenda itu digelar untuk meningkatkan budaya literasi, baik itu pada anak-anak maupun warga Surabaya secara umum.

Eri menyebut, literasi seperti berdongeng mampu melahirkan bakat sekaligus memperluas wawasan. Selain itu, literasi seperti membaca dan menulis juga diperlukan, mengingat Surabaya memiliki banyak talenta hebat dari bibit-bibit penulis dan pendongeng.

BACA JUGA :  Salah Seorang Pedagan Terjangkit Virus Corona, Pasar Kapasan Surabaya Ditutup

“Jadi nanti di setiap Balai RW akan diagendakan untuk Sabtu dan Minggu, jadi anak-anak sekitar kampung itu bisa berkumpul dan bisa saling berkenalan, sosialisasi, dan muncul keberanian untuk mudah berkomunikasi,” ucap Eri, Senin (22/11).

Ia menjelaskan, acara itu akan digelar secara rutin dan berkelanjutan, serta bisa menjadi ajang pembentukan karakter pemimpin yang hebat nantinya. Ini harus dimulai, kata dia, anak-anak untuk berani berbicara dan tampil di depan teman sebayanya, dan nanti juga bisa tampil di depan publik.

“Inilah waktunya kita membiasakan untuk membaca, kalau Surabaya ingin menjadi kota literasi yang hebat, anak-anak ini akan tampil di seluruh Balai RW dengan mendongeng. Saya yakin Surabaya pasti berubah dan kehebatan anak-anak ini bisa tertular di seluruh wilayah di Kota Surabaya,” imbuhnya penuh yakin.

BACA JUGA :  2.611 Paket Zakat Fitrah Diberikan Dinsos Sumenep Melalui Puluhan Lembaga Penyalur

Selain itu, Wali Kota berusia 44 tahun itu mengajak segenap masyarakat untuk berpartisipasi menjadikan Kota Surabaya sebagai kota yang aman dan nyaman bagi anak-anak. Eri pun berharap, seluruh rangkaian kegiatan anak-anak bisa terlibat didalamnya.

“Ini awal perjuangan kita, tidak boleh menyerah untuk menciptakan orang hebat di Kota Surabaya di masa depan. Hari ini kita canangkan Surabaya sebagai kota literasi dan memiliki para penulis dan para pendongeng yang hebat,” ujar dia.

BACA JUGA :  Mendekati Libur Nataru, Harga Telur dan Minyak di Surabaya Melambung Tinggi

Sementara Bunda PAUD Kota Surabaya Rini Indriyani turut hadir dalam acara tersebut. Ia menyampaikan, dari PKK dan Bunda PAUD juga akan dibiasakan untuk mendongeng nanti di Posyandu.

“Kami ada Posyandu, dalam sebulan akan mengadakan pertemuan untuk bercerita kepada anak-anak. Konsep bercerita ini akan kita ambil dari konsep dongeng, yang terdapat unsur bermain dan bernyanyi,” kata Rini.

Tak hanya Wali Kota dan Bunda PAUD, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Surabaya Musdiq Ali Suhudi menambahkan, pihaknya rutin menggelar Festival Dongeng Surabaya setiap tahun. Melalui acara ini, sambungnya, bisa menambah semangat literasi dan inspirasi untuk Kota Surabaya.

“Semakin masyarakat Surabaya banyak membaca, semakin luas wawasannya,” pungkas Musdiq.

  • Bagikan