Dispertahourtbun Sumenep Dampingi Ketua Banggar Serahkan Bantuan Alsintan Kepada Petani

  • Bagikan
PENYALURAN BANTUAN: Ketua Banggar DPR RI M.H Said Abdullah didampingi Bupati Sumenep Achmad Fauzi dan Kepala Dispertahourtbun Sumenep Arif Firmanto, saat menyerahkan bantuan 100 Alsintan kepada petani. (MaduraPost/M. Hendra. E)

SUMENEP, MaduraPost – Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (Dispertahourtbun) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dampingi Ketua Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (Banggar DPR RI) serahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada petani.

Penyerahan mesin pertanian tersebut berlangsung di balai penyuluhan pertanian Kecamatan Manding, Senin 3 Desember 2022 siang.

Sebanyak 26 desa dari 18 kecamatan di Sumenep mendapatkan Alsintan berupa traktor 30 unit dan pompa air 15 unit.

Secara simbolis bantuan Alsintan itu diserahkan Ketua Banggar DPR RI, M.H Said Abdullah bersama Bupati sumenep, Achmad Fauzi, kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di wilayah setempat.

BACA JUGA :  Laporan JCW Dianggap Salah Sasaran, Dr Sajali Minta Satreskrim Polres Sumenep Belajar Hukum

Kepala Dispertahourtbun Sumenep, Arif Firmanto mengatakan, bantuan Alsintan tersebut adalah alokasi dana tahun anggaran 2021 yang baru terealisasi pada awal tahun 2022.

“Bantuan ini sebenarnya anggaran tahun 2021 tanggal 31 Desember kemarin baru datang alatnya dan langsung dirakit. Makanya kita berikan sekarang di hari kerja,” kata Arif usai acara pada sejumlah media, Senin (3/1).

Bantuan tersebut disalurkan secara bertahap, hal itu menjadi usulan dari Ketua Banggar DPR RI, M.H Said Abdullah bahwa bantuan Alsintan keseluruhan berjumlah 100 unit.

BACA JUGA :  Wabup Beserta OPD Tinjau Langsung Posko Terpadu Pencegahan Covid-19 di Bangkalan

“Jadi tahap pertama traktornya masih 30 unit dan pompa airnya 51 unit. Ini bantuan dari Kementerian Pertanian yang diupayakan oleh bapak M.H Said Abdullah selaku Ketua Banggar DPR RI,” kata Arif mengungkapkan.

Menurutnya, bantuan dari pemerintah ini walaupun upayanya adalah usulan dari Ketua Banggar DPR RI, M.H Said Abdullah, diharapkan petani dapat bersyukur, karena tidak semua petani bisa mendapatkan bantuan itu.

Dimana, tujuannya dalam rangka memaksimalkan percepatan tanam serentak oleh petani. Sehingga kemandirian pangan di Sumenep dapat terwujud.

BACA JUGA :  BREAKING NEWS: Santri di Sumenep Terseret Banjir

“Kurangnya kan masih tinggal 4.900 unit, sehingga yang dapat ini perlu disyukuri. Caranya, ya dipelihara alatnya dan dimanfaatkan dengan baik,” kata Arif.

Arif mengungkapkan, bantuan tersebut bisa datang dari Kementerian Pertanian menjadi kado luar biasa dari pemerintah melalui Ketua Banggar DPR RI, M.H Said Abdullah.

Bantuan ini tentu diperuntukkan untuk kelompok tani, sebab itu perlu apresiasi yang luar biasa.

“Walupun barangnya mepet yang datang hampir tahun baru 2022 kemarin,” kata Arif lebih lanjut.

  • Bagikan