SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
DaerahHeadlineKesehatan

Dioperasikan April, RSUD Ketapang Butuh 145 Petugas Medis

Avatar
×

Dioperasikan April, RSUD Ketapang Butuh 145 Petugas Medis

Sebarkan artikel ini

SAMPANG, MaduraPost – Masyarakat di wilayah Pantai utara (Pantura) kabupaten Sampang tidak lama lagi bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ketapang.

Rencananya, rumah sakit yang beralamat di Jalan raya Ketapang Barat, kecamatan Ketapang itu akan mulai beroperasi dan membuka pelayanan kesehatan kepada masyarakat pada April 2020.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang, Agus Mulyadi mengatakan, pengoperasian RSUD Ketapang diupayakan bisa terlaksana mulai bulan depan. Mengingat pembangunan gedung rumah sakit sudah tuntas.

Baca Juga :  Sejumlah Mu’allaf Dan Du’afa Menerima Bantuan Dari MCI Pamekasan.

Saat ini lembaganya masih menunggu kesiapan rumah sakit secara keseluruhan. Mulai dari proses perizinan, tenaga medis, fasilitas, alat kesehatan (alkes), dan proses pra visitasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa timur.

“Sambil lalu menunggu proses itu selesai. Kami akan magangkan petugas medis yang akan ditempatkan di RSUD Ketapang,” kata Agus, Senin (9/3/2020).

Dikatakan, RSUD Ketapang merupakan rumah sakit dengan tipe atau kelas D. Untuk poli yang tersedia meliputi Unit Gawat Darurat (UGD), rawat jalan, kandungan, anak, dan penyakit dalam. Sementara untuk poli bedah itu menyesuaikan.

Baca Juga :  Terkait Dugaan Sabotase KKS PKH Desa Pangbetok, LSM WPR Minta Polisi Bertindak Tegas

“Tipe rumah sakit juga berdasarkan jumlah bed atau tempat tidur dan kondisi daerah,” terangnya.

Sementara untuk jumlah tenaga medis yang dibutuhkan rumah sakit tersebut secara keseluruhan sekitar 100 – 145 orang. Lembaganya akan segera membuka rekrutmen tenaga medis yang akan ditempatkan dan bertugas di RSUD Ketapang.

“Kami akan mendistribusikan tenaga medis di tiga wilayah yang ada di Pantura,” ucapnya.

Sementara itu, Sekertaris Komisi IV DPRD Sampang Nurul Huda berharap, RSUD Ketapang bisa menjadi solusi alternatif untuk peningkatan pelayanan kesehatan di Kota Bahari. Mengingat selama ini pelayanan di RSUD dr Mohammad Zyn belum maksimal.

Baca Juga :  Anggarkan 95 Miliar Untuk Penganan Covid-19, Ini Kata Bupati Sumenep

Pihaknya sudah melakukan rapat dengan dinas terkait dan meminta agar semua proses pengoprasian rumah sakit dipersiapkan dengan matang. Terutama terkait dengan pelayanan kepada masyarakat.

“Pelayanan di rumah sakit itu harus ramah dan nyaman bagi pasien dan keluarga, jangan kalah sama pelayanan di toko modern,” pungkasnya. (mp/zen/rus)

Baca berita lainya di Google News atau gabung grup WhatsApp sekarang juga!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertnative. Redaksi Madura Post tidak terlibat dalam materi konten ini.