Di Masa Pandemi, Dinkes Sampang Imbau Masyarakat Jangan Takut Datangi RS

  • Bagikan
Plt Kepala Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Sampang, Agus Mulyadi.

SAMPANG, MaduraPost – Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Sampang mengimbau kepada masyarakat yang mengalami sakit jangan takut untuk datang ke rumah sakit (RS) agar mendapatkan pelayanan kesehatan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Sampang, Agus Mulyadi, mengatakan, ada pola pikir yang tidak benar yang sudah melekat di masyarakat bilamana berobat ke RS bakal dicovid-kan

“Jadi apapun sakitnya untuk segera mendatangi fasiltas kesehatan, baik Puskesmas atau Rumah sakit untuk dilakukan skrining, Semisal nanti dibutuhkan perawatan lanjutan dirawat di fasilitas kesehatan,” katanya, Selasa (27/7/2021).

BACA JUGA :  Minta Usut Secara Tuntas, Keluarga Korban Pembunuhan Suliman Datangi Polres Sampang

Agus menjelaskan, bila tenaga kesehatan sudah melakukan skrining dan pasien mendapat rekomendasi untuk dilakukan perawatan dirumah maka tidak apa apa dirawat dirumah.

“Yang menjadi persoalan kami adalah , banyaknya masyarakat yang tidak mau mendatangi tempat layanan kesehatan , sehingga sulit bagi kami untuk melakukan pemantauan,” jelasnya.

Lanjut Agus Mulyadi, akibat tidak terpantaunya masyarakat yang sakit pihaknya sulit memprediksi berapa jumlah tabung oksigen yang dibutuhkan, sehingga ada kesan tabung oksigen langka.

BACA JUGA :  Polres Sampang Tetapkan Oknum ASN Mobil Bergoyang Sebagai Tersangka

“Masyarakat untuk tidak takut untuk datang ke tempat fasilitas kesehatan Puskesmas atau Rumah sakit untuk mendapatkan layanan kesehatan. Tidak serta merta masyarakat bila sakit itu dicovidkan , sebab diagnosa terhadap gejala suatu penyakit tenaga kesehatan yang tahu,”tambahnya.

Untuk stock kebutuhan tabung oksigen  di beberapa Puskesmas dan Rumah sakit di Sampang masih aman dan cukup.

BACA JUGA :  Cegah Penyakit DBD, Begini Imbauan Puskesmas Batu Lenger Sampang

“Jika masyarakat membutuhkan layanan kesehatan dan membutuhkan oksigen segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat,”ucapnya.

“Kami berharap kepada masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan atau sakit untuk segera mendatangi tempat fasilitas kesehatan terdekat untuk dilakukan pemantauan dan skrining oleh tenaga kesehatan,” pungkasnya.

  • Bagikan