Bupati Sumenep Resmikan Rumah Produksi Wirausaha Muda

  • Bagikan
SAMBUTAN: Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, saat sambutan di acara peresmian rumah produksi wirausaha muda tahun 2021. (Istimewa)

SUMENEP, MaduraPost – Pengembangan wirausaha muda di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, nampaknya terus berjalan.

Terbukti, Bupati Sumenep, Achmad Fauzi meresmikan rumah produksi wirausaha muda tahun 2021 di Desa Gapura Barat, Kecamatan Gapura, Rabu (22/12/2021) pagi.

Rumah produksi wirausaha muda tahun 2021 ini tersebar di 5 titik, diantaranya Kecamatan Gapura, Kota, Bluto, Pragaan dan Gukuk-Guluk.

Bupati Fauzi mengapresiasi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sumenep selaku fasilitator program rumah produksi wirausaha muda.

BACA JUGA :  Jangan Lewatkan, Pasar Murah Akan Digelar Selama Tiga Hari di Halaman Kantor Kecamatan Palengaan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep sejak tahun 2016 hingga 2021 telah memprogramkan wirausaha muda guna mencetak wirausahawan yang mandiri secara ekonomi.

Sejalan dengan kegiatan tersebut, menurut Bupati Fauzi, ada banyak manfaat yang sudah dirasakan oleh masyarakat.

Misalnya saja memberdayakan diri dan berpartisipasi dalam rangka proses peningkatan kemampuan berbagai kegiatan pelatihan, yang dilaksanakan dalam kurun waktu 5 tahun.

BACA JUGA :  Ngalap Berkah Ramadhan, SMSI Sumenep Gandeng Perusahaan Sari Roti Bagi-bagi Takjil

Pihaknya mengajak seluruh elemen memanfaatkan dan memaksimalkan keberadaan rumah produksi.

“Perlu peran serta dan sinergi dari semua elemen untuk memaksimalkan rumah produksi wirausaha muda yang ada di masing-masing Kecamatan,” kata orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sumenep ini.

Pihaknya berharap, keberadaan rumah priduksi ini dapat membantu pemerintah dalam mengurangi jumlah pengangguran, sehingga dapat dimanfaatkan oleh generasi muda mengasah kemampuan diri.

BACA JUGA :  SMPIT Sumenep Gelar Intrepreneur, Ketua Komite Sekolah Harapkan Siswa Unggul dan Mandiri

Selain itu, diharapkan mampu memicu pertumbuhan ekonomi yang baik di tengah pandemi Covid-19.

“Karena pertumbuhan ekonomi di seluruh Kabupaten mengalami siklus yang kurang baik. Untuk itulah tujuan dari rumah produksi menciptakan dan mengembangkan yang sebelumnya sudah dilatih menjadi wirausaha muda,” kata Bupati Fauzi menegaskan.

  • Bagikan